Comscore Tracker

PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian Tjahjo

Calon Menpan-RB dari PDIP akan ditentukan Megawati

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo belum juga menunjuk siapa pengganti Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kritiyanto, mengatakan pihaknya meminta waktu kepada Jokowi untuk menyerahkan nama pengganti setelah 40 hari wafatnya Tjahjo yang meninggal dunia pada Jumat, 1 Juli 2022.

"Sejak awal PDIP menyampaikan ke publik bahwa kami sungguh berduka cita atas wafatnya Tjahjo, beliau sosok yang betul-betul berdedikasi dan kami mohon waktu ke Bapak Presiden yang disampaikan dari Bu Mega, bahwa 40 hari itu adalah masa duka cita sesuai tradisi kita," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Soal Pengganti Tjahjo Kumolo Jadi MenPAN-RB, Begini Kata Moeldoko

1. PDIP tunggu momentum setorkan nama pengganti Tjahjo

PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian TjahjoSekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengatakan, PDIP masih menunggu momentum untuk menyetorkan nama pengganti Tjahjo ke Jokowi. Menurutnya, nama yang diserahkan tentunya sudah melalui pertimbangan dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri.

"Tentu saja berbagai pertimbangan dilakukan ketua umum dan disampaikan ke Presiden Jokowi, tinggal momentum waktunya. Itulah yang kami harap setelah paling tidak setelah 40 hari wafatnya Mas Tjahjo," kata dia.

Namun, Hasto enggan menyebutkan siapa sosok yang akan dipilih Megawati untuk menggantikan Tjahjo. "Nah, itu nanti dari Ibu Ketua Umum bersama Pak Jokowi," kata dia.

Baca Juga: Masih Berduka, Jokowi Belum Pikirkan Pengganti Tjahjo Kumolo

2. Jokowi tunjuk Mahfud MD jadi Plt MenPAN-RB

PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian TjahjoMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Mahfud MD menjadi Plt MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

"Posisi MenPAN-RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud, ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari masih menunggu prosesnya untuk pengganti," ujar Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini dalam keterangannya, Jumat, 15 juli 2022.

3. Penunjukan Plt MenPAN-RB agar pemerintahan berjalan dengan baik

PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian TjahjoMenkopolhukam RI, Mahfud MD (Twitter.com/mohmahfudmd)

Faldo menjelaskan, penunjukkan Mahfud sebagai Plt MenPAN-RB agar pemerintahan berjalan baik. Sehingga, segala administrasi yang harus dikerjakan dapat berjalan optimal.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan. Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik," kata dia.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya