Pemakaman Arifin Panigoro Dilakukan Secara Militer

Pihak keluarga menyerahkan jenazah ke negara

Jakarta, IDN Times - Pemakaman anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Arifin Panigoro, dilakukan secara militer. Sebelum upacara pemakaman, terlebih dahulu dilakukan penyerahan jenazah dari keluarga ke negara.

"Dengan ini, saya Yani Panigoro, menyerahkan jenazah almarhum Dr. HC. IR H Arifin Panigoro kepada pemerintah untuk dimakamkan di taman pemakaman keluarga, Jalan Benda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan dengan upacara militer," ujar Yani yang disiarkan di kanal YouTube Medco Foundation, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga: Jokowi Takziah ke Rumah Duka Arifin Panigoro, Ikut Salat Jenazah

1. Jenazah diterima oleh Mensesneg

Pemakaman Arifin Panigoro Dilakukan Secara MiliterMensesneg di upacara pemakaman almarhum Arifin Panigoro (Youtube.com/Medco Foundation)

Jenazah Arifin Panigoro kemudian diterima oleh Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno. Setelah menerima, akan dilakukan pemakaman secara militer.

"Saya Pratikno, Menteri Sekretaris Negara, atas nama negara, bangsa, dan Tentara Nasional Indonesia, menerima jenazah almarhum Dr. HC. IR H Arifin Panigoro. Selanjutnya, jenazah almarhum akan kami berangkatkan ke taman pemakaman keluarga, Jalan Benda, Pasar Minggu, Jakarta Selatan untuk dimakamkan dengan upacara militer," kata Pratikno.

2. Dibacakan riwayat hidup singkat almarhum

Pemakaman Arifin Panigoro Dilakukan Secara MiliterUpacara pemakaman almarhum Arifin Panigoro (Youtube.com/Medco Foundation)

Dalam upacara pemakaman, dibacakan riwayat hidup singkat Arifin Panigoro. Almarhum meninggal dunia di Amerika Serikat.

Almarhum lahir di Bandung, 14 Maret 1945. Almarhum meninggalkan seorang istri dan dua orang anak.

Selain itu, dibacakan juga bintang jasa dan tanda kehormatan kenegaraan yang diperoleh almarhum, seperti bintang mahaputra nararia.

3. Wiranto jadi Inspektur Upacara

Pemakaman Arifin Panigoro Dilakukan Secara MiliterKetua Wantimpres jadi inspektur upacara pemakaman almarhum Arifin Panigoro (Youtube.com/Medco Foundation)

Ketua Wantimpres, Wiranto, menjadi inspektur upacara militer pemakaman almarhum Arifin Panigoro. Dalam upacara itu, Wiranto membacakan apel persada.

"Saya Ketua Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan ke persada ibu pertiwi, jiwa raga, dan jasa-jasa almarhum, nama DR. HC. Ir. H. Arifin Panigoro jabatan anggota Dewan Pertimbangan Presiden Republik Indonesia, periode 2019 sampai dengan sekarang," katanya.

Wiranto mendoakan semua amal ibadah almarhum diterima Allah SWT.

"Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka," katanya.

Baca Juga: Innalillahi, Arifin Panigoro Meninggal Dunia di AS

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya