Pemerintah Sulap Asrama Haji Lampung Jadi RS COVID-19

RS COVID-19 Asrama Haji Lampung akan beroperasi 10 Agustus

Jakarta, IDN Times - Pemerintah kembali menyulap asrama haji untuk rumah sakit COVID-19. Kali ini, Asrama Haji Lampung yang dialihfungsikan sebagai rumah sakit untuk penanggulangan COVID-19.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, alihfungsi ini sebagai bentuk pemerintah dalam penanggulangan COVID-19. Yaqut juga menyempatkan untuk meninjau Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Ekstensi Asrama Haji Lampung di Bandar Lampung, bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

"Seperti yang pernah saya sampaikan beberapa kali, bahwa ada 25 asrama haji di seluruh Indonesia yang bisa digunakan sebagai tempat isolasi, atau bahkan bisa dialih fungsikan menjadi rumah sakit bagi pasien COVID-19," ujar Yaqut dilansir dari laman Kemenag, Senin (9/8/2021).

Baca Juga: Diresmikan Awal Juli, Apa Kabar RS COVID-19 Asrama Haji Pondok Gede?

1. PNS Kemenag diminta ikut edukasi masyarakat terkait bahaya COVID-19

Pemerintah Sulap Asrama Haji Lampung Jadi RS COVID-19Ilustrasi Virus Corona. (IDN Times/Aditya Pratama)

Lebih lanjut, Yaqut meminta kepada PNS di lingkungan Kemenag ikut memberikan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya COVID-19. Tak hanya itu, para penyuluh agama juga diminta ikut melakukan edukasi.

"Penyuluh agama yang jumlahnya puluhan ribu, saat ini masih bekerja memberikan edukasi pada masyarakat betapa bahayanya wabah ini," ucapnya.

Baca Juga: Pertamina Tempatkan ISO Tank di Asrama Haji Pondok Gede

2. Kapasitas RS Asrama Haji Lampung

Pemerintah Sulap Asrama Haji Lampung Jadi RS COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Pada tahap pertama, RS Asrama Haji Lampung akan menyediakan 123 tempat tidur. Rinciannya yakni ICU dan HCU 24 tempat tidur dan 99 tempat tidur isolasi.

RS Asrama Haji Lampung juga dilengkapi 10 ventilator invasif HFNC atau 14 ventilator non-invasif, mensin x ray USG dan echocardiografi. Rumah sakit ini akan difungsikan pada 10 Agustus 2021.

3. Diresmikan awal Juli, apa kabar RS COVID-19 Asrama Haji Pondok Gede?

Pemerintah Sulap Asrama Haji Lampung Jadi RS COVID-19Suasana Rumah Sakit Haji di Pondok Gede, Bekasi (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo meresmikan Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, sebagai RS Darurat COVID-19 pada awal Juli 2021. Dalam sambutannya kala itu, Jokowi menyatakan RS Asrama Haji Pondok Gede dapat digunakan pada 10 Juli 2021.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan RS Darurat Asrama Haji Pondok Gede sudah melayani sejumlah pasien COVID-19. Terutama, pasien bergejala sedang.

"Sudah ya, terutama pasien COVID yang (gejala) sedang," ujar Nadia kepada IDN Times, Senin (2/8/2021).

Lalu, berapa jumlah pasien yang sudah dirawat di RS Asrama Haji Pondok Gede?

Nadia mengatakan ada 118 pasien yang dirawat di RS Darurat Asrama Haji Pondok Gede. Akan tetapi, ia belum merinci jumlah tenaga kesehatan yang bertugas di lokasi perawatan tersebut.

"Kalau tidak salah terakhir sudah 118, ya," ucapnya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya