Pengakuan Jokowi Soal Ulang Tahun: Orang Desa, Gak Pernah Dirayakan

Jokowi ulang tahun pada 21 Juni

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan berulang tahun pada Rabu (21/6/2023). Tepat pada hari ini, Jokowi akan menginjak usia 62 tahun.

Eks Gubernur DKI Jakarta itu merasa hari ulang tahunnya biasa saja. Sebab, dia mengaku tak pernah memperingati secara khusus hari lahirnya.

"Saya gak pernah ulang tahun. Saya orang desa gak pernah ulang tahun, sejak lahir sampai sekarang," ujar Jokowi di Gresik, Selasa (20/6/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Cek Progres Pembangunan Smelter AMNT di Sumbawa Barat 

1. Profil singkat Presiden Jokowi

Pengakuan Jokowi Soal Ulang Tahun: Orang Desa, Gak Pernah DirayakanPresiden Joko (Jokowi) Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Jokowi lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 21 Juni 1961 dari pasangan Noto Mihardjo dan Sudjatmi. Dia menuntaskan pendidikan di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Dia sempat bekerja untuk perusahaan BUMN di Aceh. Tak lama, dia kembali ke Solo dan membantu pamannya bekerja di pabrik mebel. Setelahnya, Jokowi memutuskan untuk memulai usaha mebelnya sendiri.

Kesuksesan di bidang mebel mengantarkan Jokowi terlibat dengan organisasi pengusaha Mebel Indonesia (Asmindo).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Groundbreaking Pabrik Bahan Baku Baterai di Gresik

3. Dari pebisnis jadi politikus

Pengakuan Jokowi Soal Ulang Tahun: Orang Desa, Gak Pernah DirayakanPresiden Jokowi saat berbincang santai dengan tim IDN Times di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (25/11/2022). (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sejak gabung Asmindo, karier Jokowi makin cemerlang. Di sini pula, dia bersentuhan dengan politik dan memulai petualangannya. Usai dua tahun menjabat sebagai Ketum Asmindo, muncul usulan untuk mencalonkan Jokowi maju dalam Pilkada Solo 2005.

Dalam kesempatan itu, Jokowi yang juga kader PDIP maju bersama FX Hadi Rudyatmo dan terpilih menjadi Wali Kota Solo 2005-2010.

3. Gubernur DKI, baru setelahnya Presiden

Pengakuan Jokowi Soal Ulang Tahun: Orang Desa, Gak Pernah DirayakanPresiden Joko Widodo (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Setelah menjabat satu periode, Jokowi kembali terpilih dalam Pilkada 2010-2015. Kemudian, Jokowi masuk dalam bursa persaingan Pilkada DKI di 2012. Didampingi Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Jokowi pada akhirnya berhasil menduduki kursi orang nomor satu di Ibu Kota.

Baru dua tahun menjabat, Jokowi kemudian diusung menjadi Capres pada Pemilu 2014 oleh PDIP. Dia dipasangkan dengan tokoh senior Golkar, Jusuf Kalla, dan menang melawan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Pada Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih sebagai Presiden. Dia didampingi oleh Ma’ruf Amin.

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya