PKB Tak Akan Undang Bacapres Lain di Harlah ke-25: Hanya Cak Imin

Capres PKB adalah Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar peringatan hari lahir (Harlah) ke-25 di Stadion Mahanan Solo, Jawa Tengah. Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Syamsurijal, mengatakan partainya tidak akan mengundang bakal calon presiden (capres) lain di acara tersebut.

Sebab, partainya kini masih teguh mengusung Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai bacapres di Pilpres 2024.

"Kami undang Pak Jokowi, dan beliau konfirmasi hadir. Tapi memang tidak mengundang tokoh-tokoh yang mau nyapres. Kenapa? Ya karena Capres PKB itu Gus Muhaimin, bukan yang lain," ujar Cucun dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Baca Juga: PKB Ingin Harlah ke-25 di Solo Jadi Momentum Satukan Kekuatan Politik

1. Prabowo hadir sebagai Ketua Umum Gerindra, bukan bacapres

PKB Tak Akan Undang Bacapres Lain di Harlah ke-25: Hanya Cak IminKetua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Cucun mengatakan, Prabowo Subianto juga akan hadir dengan atribusi Ketua Umum DPP Gerindra, bukan sebagai bacapres. Sebab, Gerindra dan PKB yang merupakan partai koalisi belum memutuskan siapa capresnya.

"Ya kami juga undang tokoh-tokoh nasional, juga semua ketum Parpol. Termasuk Pak Prabowo juga kami undang, beliau sahabat koalisi PKB dan sebagai Ketum Gerindra," kata dia.

Baca Juga: PKB Gelar Harlah ke-25 di Solo, Bakal Dihadiri Presiden Jokowi 

2. Akan hadir 67 ribu kader PKB

PKB Tak Akan Undang Bacapres Lain di Harlah ke-25: Hanya Cak IminKetua Fraksi PKB, Cucun Ahmad Syamsurijal (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Cucun menerangkan, Harlah ke-25 PKB akan dihadiri 67 ribu kader PKB. Selain itu, Ketua DPW PKB se-Indonesia juga akan hadir di Stadion Manahan Solo.

"Kita lebih mengedepankan bahwa ke depan adalah tasyakur, diisi dengan acara lebih awal selawat dan istigasah. Insya Allah yang akan memimpin adalah Habib Zaidan Bin Yahya selawat dan istigasah di arena Harlah PKB ke-25," ucap dia.

Baca Juga: Megawati Sindir PAN, Golkar dan PKB Belum Gabung Dukung Ganjar

3. PKB ingin peringatan Harlah ke-25 jadi momentum satukan kekuatan politik

PKB Tak Akan Undang Bacapres Lain di Harlah ke-25: Hanya Cak IminLogo PKB (m.pkb.id)

Sebelumnya, Sekjen DPP PKB, Hasanudin Wahid mengatakan, peringatan harlah itu akan menjadi momentum menyatukan kekuatan politik.

“Kami akan menjadikan momentum syukuran harlah yang dihadiri semua simpul PKB baik di jajaran syuro, tanfidziah, hingga kader di akar rumput untuk menyatukan tekad bekerja lebih keras untuk sukses PKB baik di Pilpres maupun Pileg,” ujar Hasanudin Wahid dalam keterangannya, Jumat (21/7/2023).

Hasanudin menegaskan, PKB ingin mengantarkan Cak Imin sebagai Capres 2024. Hasanudin mengatakan, PKB juga menargetkan bisa meraih kursi di DPR RI pada Pileg 2024.

"Kejelasan target ini telah diikuti dengan implementasi kerja strategis dan taktis yang saat ini jika dipresentasekan telah mencapai 60 persen. Maka sisa 40 persen akan kita genjot habis dengan penyatuan tekad dan kekuatan di momentum perayaan harlah di Solo,” ucap dia.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya