PKS Bantah Ditawari 2 Kursi Menteri dan Uang untuk Tinggalkan Anies

PKS tegaskan isu itu tidak benar

Jakarta, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membantah isu adanya tawaran dua jatah menteri dan sejumlah uang. Tawaran itu disebutkan akan diberikan apabila PKS tak mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) 2024.

"Ini hoax dan fitnah. Keputusan Musyawarah Majelis Syuro VII tegas menyatakan @PKSejahtera tetap di luar pemerintahan (oposisi) hingga 2024," ujar Juru Bicara PKS M Kholid melalui akun Twitternya seperti dikutip IDN Times, Selasa (1/11/2022).

Kholid sudah mengizinkan IDN Times untuk mengutip cuitannya itu.

Baca Juga: Profil Ahmad Heryawan, Diusung PKS Jadi Cawapres Anies Baswedan

1. Isu PKS ditawari dua menteri dan uang digaungkan Said Didu

PKS Bantah Ditawari 2 Kursi Menteri dan Uang untuk Tinggalkan AniesIstimewa / YouTube Said Didu

Isu tersebut mulanya disuarakan oleh Said Didu. Kholid menyayangkan Said yang membuat isu tersebut.

"Saya kira narasi yang dibawa Bang Said Didu, dkk, ini on missing, ingin merusak rasa saling percaya di poros perubahan. Saya rasa itu tidak baik," kata dia.

Baca Juga: NasDem-Demokrat-PKS Bertemu di Rumah Anies, Bahas soal Cawapres

2. PKS harap cara negatif itu tak dipakai untuk membuat gejolak politik memanas

PKS Bantah Ditawari 2 Kursi Menteri dan Uang untuk Tinggalkan AniesJuru Bicara PKS, Muhammad Kholid ditemui di kawasan Jakarta Pusat pada Sabtu (23/11) dalam diskusi bertajuk "Efek Milenial Di Lingkaran Istana" (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Kholid berharap, cara negatif itu tidak dipakai untuk membuat gejolak politik memanas. Dia menegaskan, PKS terus melakukan komunikasi dengan partai politik lain menuju Pemilu 2024.

"PKS saat ini intens bangun komunikasi di tim kecil, untuk tuntaskan poros perubahan bersama NasDem dan Demokrat," kata dia.

Baca Juga: Koalisi Demokrat-PKS-NasDem, Tinggal Menunggu Waktu Tepat Deklarasi

3. PKS kian dekat dengan NasDem dan Demokrat

PKS Bantah Ditawari 2 Kursi Menteri dan Uang untuk Tinggalkan AniesPartai NasDem, Demokrat, dan PKS kembali melakukan pertemuan guna membahas tokoh cawapres di kediaman Anies Baswedan. (Dok/NasDem)

Hubungan PKS kini semakin dekat dengan NasDem dan Demokrat. Namun, ketiga partai tersebut hingga kini belum memutuskan untuk berkoalisi.

NasDem, sudah menetapkan Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. PKS dan Demokrat berkesempatan untuk mengusulkan cawapres pendamping Anies.

Demokrat, mengusulkan Ketua Umumnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres. Sementara, PKS mengusulkan mantan Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher).

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya