PKS Sambut Baik Kesiapan Anies Baswedan Maju Jadi Capres

Anies Baswedan masuk dalam radar capres dari PKS

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Nabil Fauzi, menyambut baik keinginan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres). Menurutnya, Anies juga masuk dalam radar capres dari PKS.

"Pak Anies ini juga menjadi salah satu figur yang kami nilai masuk dalam kriteria bakal capres yang diputuskan dalam Musyawarah Majelis Syura (MMS) PKS ke-VII di Bandung pada 14-15 Agustus 2022 lalu," kata Nabil dalam keterangannya kepada wartawan, Sabtu (17/9/2022).

Baca Juga: Simpatisan Anies Baswedan Ricuh di KPK, Teriakkan Anies Presiden!

1. PKS nilai Anies memiliki karakter nasionalis-religius

PKS Sambut Baik Kesiapan Anies Baswedan Maju Jadi CapresIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Nabil menyebut, PKS menganggap Anies memiliki karakter nasionalis-religius. Dia juga menyebut Anies berpeluang menjadi pemenang di pemilihan presiden 2024.

"Tinggal sejauh mana juga langkah politik Pak Anies mampu meyakinkan parpol-parpol untuk mendukungnya. Yang jelas, sikap siap maju ini sudah sebuah langkah maju yang bisa memecah kebuntuan politik," kata dia.

Baca Juga: Prabowo Maju Lagi Jadi Capres 2024, Hambat Peluang Anies Baswedan

2. Relawan yakin ada parpol yang mau usung Anies jadi capres

PKS Sambut Baik Kesiapan Anies Baswedan Maju Jadi CapresIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Relawan Anies Baswedan bernama Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI) yakin ada partai politik yang mau mengusung jagoannya sebagai capres 2024.

“Kita yakin, partai-partai yang memiliki orientasi jauh ke depan akan setia dalam garis aspirasi rakyat. Mereka akan meminimalisir perbedaan demi terwujudnya doa rakyat bagi tampilnya pemimpin bangsa yang mumpuni,” ujar Sekjen SKI, Raharja Waluya Jati dalam keterangannya yang diterima IDN Times, Sabtu (17/9/2022).

Dia menduga, Anies bakal diusung oleh Partai PKS, NasDem dan Demokrat di pilpres 2024. PKS dan NasDem telah memasukkan Anies dalam radar mereka sebagai kandidat capres yang akan diusung pada pilpres 2024.

3. SKI terus kumpulkan dukungan untuk Anies

PKS Sambut Baik Kesiapan Anies Baswedan Maju Jadi CapresIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Jati menerangkan, SKI terus mengumpulkan dukungan untuk Anies agar bisa menjadi capres 2024. Berdasarkan pencarian dukungan itu, SKI mengklaim mendapat berbagai kriteria calon presiden yang dikehendaki masyarakat.

“Kegiatan pengumpulan aspirasi rakyat yang dilakukan SKI menghasilkan kesimpulan bahwa rakyat menginginkan figur dengan kualitas kepemimpinan yang unggul. Publik rindu kepemimpinan yang berwatak mendidik, ngemong, mendengarkan keluh kesah sekaligus menawarkan solusi,” ucap dia.

Lebih lanjut, Jati berharap tidak ada pihak yang menjegal Anies maju sebagai capres. Menurutnya, Anies merupakan salah satu aspirasi masyarakat untuk menjadi capres.

“Dengan mencermati berbagai peristiwa politik akhir-akhir ini, kami sadar bahwa perjalanan ke depan tidak mudah. Tapi, kami mewanti-wanti, jangan sampai terjadi main kayu dalam demokrasi. Sudah bukan zamannya lagi menghalangi jalan yang ingin ditempuh rakyat,” kata dia.

Baca Juga: Anies Masuk Radar Capres 2024 PKS

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya