Prajurit TNI yang Tewas Diserang KKB di Papua Bertambah Jadi 4 Orang

Keempat jenazah sudah ada di RSUD Timika

Jakarta, IDN Times - Anggota TNI yang menjadi korban Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga bertambah menjadi empat orang. Kapendam XVII/Cenderwasih, Kolonel Kav Herman Taryaman mengatakan, empat anggota TNI yang tewas itu termasuk satu anggota yang pada awal kejadian disampaikan yakni, Pratu Miftahul Arifin

"Puji syukur berkat dukungan, support dan doa dari semua pihak, bahwa Tim Gabungan TNI-Polri berhasil menemukan 4 Prajurit TNI termasuk di dalamnya Pratu Miftahul Arifin yang dalam proses pencarian dengan kondisi meninggal dunia," ujar Herman dalam keterangannya, Rabu (19/4/2023).

Baca Juga: 1 Anggota TNI Tewas Ditembak, Wapres Perintahkan Kejar KKB Papua

1. Daftar empat anggota TNI yang meninggal

Prajurit TNI yang Tewas Diserang KKB di Papua Bertambah Jadi 4 Orangidn.times.com

Keempat korban yang meninggal itu adalah Pratu Miftahul Arifin, Pratu I, Pratu K dan Prada S.

"Saat ini keempat prajurit yang gugur telah dievakusi ke RSUD Timika Kabupaten Mimika," kata dia.

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Gunakan Operasi Siaga Tempur untuk Lawan KKB

2. Kronologi penyerangan KKB kepada anggota TNI

Prajurit TNI yang Tewas Diserang KKB di Papua Bertambah Jadi 4 OrangIlustrasi - Aksi baku tembak antara aparat TNI/Polri rombongan Danrem 181/PVT Brigjen TNI Indra Heri dan tim Yonif Raider 762 dengan anggota KKB pada 5 September 2021. (Dokumentasi Istimewa)

Sebelumnya, Herman Taryaman membenarkan adanya serangan KKB atau Kelompok Separatis Teroris (KST) Papua kepada prajurit TNI yang sedang bertugas.

Herman menerangkan, serangan itu terjadi ketika prajurit TNI sedang mencari pilot Susi Air pada Sabtu (15/4/2023) sekitar pukul 16.30 WIT.

"Bahwa kejadian tersebut benar yaitu Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT yang bertugas dalam rangka pencarian pilot Susi Air di wilayah Mugi-Mam Kabupaten Nduga diserang dan ditembak oleh gerombolan KST," ujar Herman kepada IDN Times melalui pesan singkat, Minggu (16/4/2023).

3. Usai tertembak, tubuh anggota TNI masuk jurang

Prajurit TNI yang Tewas Diserang KKB di Papua Bertambah Jadi 4 OrangIlustrasi korban meninggal. (IDN Times/Mardya Shakti)

Dalam proses pencarian pilot Susi Air, sejumlah anggota TNI diserang KKB. Satu anggota TNI bernama Pratu Miftahul Arifin anggota Yonif R 321/GT teridentifikasi tewas.

Setelah tertembak, Arifin kemudian jatuh ke dalam jurang sedalam 15 meter.

Herman menerangkan, ketika anggota TNI lainnya melakukan evakuasi terhadap jenazah Arifin, KKB kembali menyerang dan menembaki anggota TNI.

"Selanjutnya saat dilaksanakan evakuasi prajurit korban meninggal (Alm Pratu Miftahul Arifin), tiba-tiba gerombolan KST kembali melakukan penembakan kepada personel TNI lainnya yang sedang mengevakuasi sehingga terjadi kontak tembak," kata dia.

Akibat kejadian itu, masih belum diketahui secara pasti berapa jumlah prajurit TNI yang menjadi korban baik yang gugur maupun luka-luka.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya