Comscore Tracker

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di Rusia

Jokowi disambut pejabat Rusia di bandara

Jakarta, IDN Times - Presiden, Joko "Jokowi" Widodo, bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan rombongan tiba di Moskow, Rusia. Jokowi tiba di Bandara Vnukovo II pada Kamis (30/6/2022), pukul 11.00 waktu setempat.

Jokowi bersama rombongan tiba menggunakan pesawat Garuda Indonesia GIA-1. Saat tiba di Moskow, Presiden disambut oleh Kepala Protokol Negara Federasi Rusia, Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia, Mikhail Bogdanov.

Selain itu, Duta Besar RI Moskow, Jose Antonio Morato Tavares dan Atase Pertahanan KBRI Moskow, Kolonel Budi Susilo juga ikut menyambut.

Baca Juga: Perang Ukraina Terkini: Rusia Kuasai 20 Persen Ukraina

1. Jokowi langsung pergi ke hotel

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di RusiaPresiden Joko Widodo dan Ibu Iriana di Moskow, Rusia, Kamis, 30 Juni 2022. (dok. Setwapres)

Setelah acara penyambutan, Jokowi bersama Iriana langsung menuju ke hotel tempat transit. Setelah itu, rencananya Jokowi akan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

Jokowi diagendakan bertemu Putin di Kremlin. Dalam pertemuan, Presiden bakal ditemani Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung.

Baca Juga: Jokowi Terbang ke Rusia via Polandia, Bawa Pesan dari Presiden Ukraina

2. Jokowi terbang ke Rusia dari Polandia

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di RusiaPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Sebelumnya, Jokowi berangkat ke Rusia melalui Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia. Sebelum ke Rusia, Jokowi terlebih dahulu bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

Setelah pertemuan dengan Zelenskyy, Jokowi berangkat ke Polandia menggunakan kereta luar biasa dari Stasiun Central Kyiv pukul 19.00 waktu setempat.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Baca Juga: Potret Jokowi Naik Kereta Api dari Polandia ke Ukraina

3. Zelenskyy titip pesan ke Jokowi yang akan bertemu dengan Putin

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Tiba di RusiaPresiden RI Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy (dok. Sekretariat Presiden)

Diketahui, dalam pertemuannya dengan Jokowi, Zelenskyy menitipkan pesan kepada Jokowi untuk Presiden Rusia, Vladimir Putin. Pesan tersebut terkait dengan perdamaian.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucapnya.

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya