Puan Bersama 4 Ketua DPR MIKTA Bahas Gaza dengan Jokowi di Istana

Puan sebut negara MIKTA sepakat dukung Gaza

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI Puan Maharani bersama empat ketua parlemen anggota organisasi MIKTA (Meksiko, Korea Selatan, Turki dan Australia) bertemu dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta. Puan mengatakan pertemuan dengan Jokowi salah satunya membahas mengenai kondisi Gaza, Israel.

"Terkait apa yang terjadi di Palestina, kami bersepakat bahwa kependudukan Israel di Palestina harus segera dihentikan, bagaimana kemudian membuka jalur-jalur (bantuan) kemanusiaan harus segera dilaksanakan," ujar Puan di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Puan Pidato di Aksi Bela Palestina, Massa: Turun, Matiin Miknya

1. MIKTA diagendakan bahas mengenai kondisi Gaza

Puan Bersama 4 Ketua DPR MIKTA Bahas Gaza dengan Jokowi di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam kesempatan itu, Puan menyebut negara yang tergabung menjadi anggota MIKTA juga akan menggelar pertemuan dengan agenda membahas kondisi Gaza. Menurutnya, perang dan kekerasan yang terjadi di Gaza harus segera dihentikan.

"Setelah ini kami akan membuka MIKTA meeting yang akan membicarakan hal-hal terkait dengan perdamaian dunia, termasuk juga kemerdekaan atau bagaimana apa yang terjadi di Gaza Palestina," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Kembali Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Gaza, Beratnya 21 Ton

2. MIKTA harus dorong perdamaian, termasuk di Palestina

Puan Bersama 4 Ketua DPR MIKTA Bahas Gaza dengan Jokowi di IstanaKetua DPR Puan Maharani di Halal Bi Halal MUI pada Kamis (17/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Puan menegaskan, MIKTA harus bisa menjaga persatuan agar perdamaian di semua negara harus segera terwujud, salah satunya di bumi Palestina.

"Intinya parlemen akan mendukung, saling mendukung dan bersinergi serta berkoordinasi dengan eksekutif serta pemerintahnya masing-masing. Sehingga apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah akan kita laksanakan melalui parlemen yang ada di MIKTA," kata dia.

3. Puan sebut Indonesia terus suarakan kekerasan yang terjadi di Palestina harus segera dihentikan

Puan Bersama 4 Ketua DPR MIKTA Bahas Gaza dengan Jokowi di IstanaKetua DPR RI Puan Maharani. (Dok Pribadi Puan Maharani)

Puan menyebut juga kependudukan yang dilakukan Israel terhadap Palestina harus segera dihentikan. Tak boleh ada negara yang melakukan serangan terhadap negara lain.

"Kami semua sepakat, bahwa kependudukan Israel di Palestina harus segera dihentikan. Bagaimana kemudian jalur-jalur kemanusiaan harus segera dilaksanakan," imbuhnya.

Baca Juga: Puan Pidato di Aksi Bela Palestina, Massa: Turun, Matiin Miknya

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya