Comscore Tracker

Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?

PDIP sedang menimbang kader mana yang cocok untuk dicalonkan

Jakarta, IDN Times - Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo selalu masuk tiga besar dalam sejumlah survei calon presiden (capres) 2024. Elektabilitas Ganjar, bahkan mengungguli Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Keduanya sama-sama kader PDI Perjuangan. Namun, partai berlogo banteng itu hingga kini belum memutuskan siapa kadernya yang akan dicalonkan di pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

Partai Golkar Bahkan sudah melirik Ganjar untuk diajak berduet dengan Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Namun, Ganjar menegaskan dirinya sebagai kader PDI Perjuangan yang loyal.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno mengatakan, PDI Perjuangan akan realistis terhadap kadernya yang memiliki elektabilitas. Sebab, Partai yang dikomandani Megawati Soekarnoputri itu tak mau kalah dalam Pilpres 2024.

"Pada akhirnya nanti PDIP untuk pertarungan 2024 pasti ingin menang, bukan hanya sekadar ikut pemilu, yang kedua soal pencapresan ya memag Bu Mega yang menentukan segala-galanya," ujar Adi, Jumat (19/11/2021).

Baca Juga: Reaksi Ganjar Usai Dilirik Golkar Jadi Pasangan Airlangga pada 2024

1. PDIP akan dilematis memilih Puan atau Ganjar

Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menurutnya, PDI Perjuangan nantinya akan dilematis memilih antara Puan atau Ganjar. Satu sisi ingin mengusung Puan tapi elektabilitasnya rendah.

"Karena pasti akan sangat dilematis satu sisi 2024 itu salah satu tahun keemasan Mba Puan, salah satu putri mahkota trah biru Sukarno. Tapi pada saat yang bersamaan kan tidak bisa menutup mata bahwa ada kader di luar trah Sukarno namanya Ganjar yang saat ini sedang menjadi darling," katanya.

Adi mengatakan PDI Perjuangan saat ini sedang menghitung secara matang kader mana yang nantinya akan dipilih sebagai capres.

"Pada akhirnya PDIP itu akan realistis mendukung capres, artinya akan mendukung calon yang potensial menang, tentu harus dengan elektabilitas tinggi, di situlah jawaban Ganjar Pranowo," ucapnya.

Baca Juga: Megawati, Prabowo dan Puan Maharani Bertemu di Ruang VVIP, Bahas Apa?

2. Puan bisa saja dipilih untuk maju

Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Adi mengatakan, Puan bisa saja dipilih oleh PDI Perjuangan. Namun, Puan nantinya akan diduetkan dengan Prabowo Subianto.

"Skenario Puan dengan Prabowo mungkin, dengan catatan lawannya juga lemah, gak seberapa masih di bawah Prabowo, masih di bawah Puan," katanya.

Tapi, kata dia, bila nanti lawannya ada Ridwan Kamil, Anies Baswedan, PDI Perjuangan harus menghitung ulang kekuatannya.

3. Reaksi Ganjar usai dilirik Golkar jadi pasangan Airlangga pada 2024

Puan Maharani atau Ganjar Pranowo, Siapa Pilihan PDIP di Pilpres 2024?IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Ganjar Pranowo, diincar Partai Golkar untuk menjadi pasangan Airlangga Hartarto pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Apakah Ganjar tertarik bergabung ke Golkar dan menjadi pasangan Airlangga?

"Saya anggota di PDI Perjuangan!" kata Ganjar saat dihubungi melalui pesan singkat, Rabu (17/11/2021).

Saat dikonfirmasi apakah tawaran Golkar ditolak, Ganjar tak menjawabnya.

Baca Juga: Survei: Bila Maju Pilpres 2024, Ganjar Ungguli Anies dan Prabowo

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya