Raja Juli Antoni Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?

Dipanggil dalam jabatan Wamen ATR

Jakarta, IDN Times - Raja Juli Antoni dipanggil Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/2/2024) sore. Dia mengaku, dipanggil dalam kapasitas sebagai Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (Wamen ATR)

"Hari ini saya dipanggil Pak Presiden dalam kedudukan saya sebagai Wamen ATR," ujar Raja Juli kepada jurnalis.

Namun demikian, Raja Juli enggan membeberkan agenda apa yang dibahas bersama dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga: PSI Optimistis Bisa Raih Kursi di Senayan, Ini Alasannya

1. Raja Juli masuk ke Istana melalui pintu yang tidak bisa diakses jurnalis

Raja Juli Antoni Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Raja Juli Antoni saat ditemui di Kantor PGI, Jakarta Pusat (3/10/2023). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Raja Juli masuk ke Istana melalui pintu yang tidak bisa diakses jurnalis. Dia mengaku, hanya mengikuti arahan dari protokol Istana.

"Saya ikut arahan protis (protokol Istana)," kata dia.

Baca Juga: Kaesang dan Erina Nyoblos di TPS 63 Menteng, Yakin PSI Masuk Senayan

2. Hubungan PSI dan Jokowi dekat

Raja Juli Antoni Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?Presiden Jokowi meninjau ketersediaan beras di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Raja Juli merupakan Sekjen Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Hubungan Presiden Jokowi dan PSI dinilai sangat dekat.

Terlebih, putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, merupakan Ketua Umum PSI.

Tak hanya itu, PSI juga merupakan partai yang begitu loyal kepada Jokowi. Saat anak Jokowi jadi cawapres Prabowo, partai ini mendukung 100 persen pasangan nomor urut dua itu.

3. Kaesang jadi Ketum PSI pada September 2023

Raja Juli Antoni Dipanggil Jokowi ke Istana, Ada Apa?Ketua Umum PSI, Kaesang Pangarep bersama caleg PSI dalam acara di kawasan Condet, Jakarta Timur (10/1/2024). (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Penetapan Kaesang menjadi Ketua Umum PSI berlangsung di The Ballroom Djakarta Theater pada Senin, 25 September 2023,  dalam acara Kopdarnas PSI.

"Surat Keputusan Dewan Pembina Partai Solidaritas memutuskan, menetapkan Saudara Kaesang Pangarep sebagai Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia," ujar Wakil Ketua Dewan Pembina PSI, Grace Natalie.

Setelah pembacaan surat keputusan, Kaesang kemudian diberi bunga mawar oleh Giring Ganesha. Dalam Kopdarnas itu, Grace juga membacakan pengangkatan Raja Juli Antoni sebagai Sekjen PSI.

Sementara itu, Giring yang sebelumnya menjadi Ketua Umum, ditetapkan menjadi anggota Dewan Pembina PSI.

"Surat Keputusan Dewan Pembina tentang pengangkatan anggota Dewan Pembina DPP Partai Solidaritas Indonesia, memutuskan, menetapkan, pengangkatan Bro Giring Ganesha sebagai anggota Dewan Pembina DPP PSI," kata Grace.

Baca Juga: Prabowo Unggul di Real Count, Profesor Jepang: Kerja Keras Jokowi

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya