Sah, Ketum Projo Budi Arie Dilantik Jadi Menkominfo

Jokowi juga lantik lima wakil menteri

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo secara resmi melantik Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Pelantikan Menteri dan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju hari ini berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 62P, tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara, Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan Periode 2019-2024.

Sebelum menjadi Menkominfo, Budi Arie Setiadi merupakan Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Budi merupakan Ketua Umum Projo.

Projo adalah salah satu relawan pemenang Jokowi dalam Pilpres 2014 dan 2019.

Selain itu, ada lima wakil menteri yang dilantik hari ini. Pelantikan Wakil Menteri tertuang dalam Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 32N, tentang pemberhentian dan pengangkatan wakil menteri negara, Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan Periode 2019-2024.

Dengan mengenakan setelan jas abu-abu, dasi merah, dan peci hitam, Jokowi memimpin jalannya acara pelantikan. Dia meminta para menteri dan wakil menteri mengucapkan sumpah jabatan dengan mengikuti ucapannya.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," kata mereka mengikuti sumpah yang dibacakan Jokowi.

Berikut daftar menteri dan wakil menteri yang dilantik:

  • Menkominfo: Budi Arie
  • Wamekominfo: Nezar Patria
  • Wamendes: Prof Paiman Raharjo
  • Wamenlu: Pahala Mansury
  • WamenBUMN: Rosan Roeslani
  • Wamenag: Saiful Rahmat Dasuki

Baca Juga: Sederet Menteri-Wamen yang Dilantik Jokowi Hari Ini

Baca Juga: Survei Indostrategic: Publik Tidak Pilih Capres yang Diendorse Jokowi

Baca Juga: Budi Arie Tiba di Istana, Siap Dilantik Jadi Menkominfo

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya