Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap Tinggi

Ada sejumlah nama yang masuk dalam radar bacawapres Ganjar

Jakarta, IDN Times - Dalam sejumlah survei, nama Mahfud MD dan Ridwan Kamil banyak dipilih oleh responden untuk menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) Ganjar Pranowo, di Pilpres 2024. Pengamat politik dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad menilai, siapa pun cawapresnya, elektabilitas Ganjar tetap tinggi.

"Elektabilitas Ganjar saat ini sebesar 84 persen, maka Ganjar harus menambah suara yang berasal dari luar partai dan memiliki sosok kuat dari Nahdlatul Ulama (NU). Dari survei sebelumnya, ada beberapa nama yang muncul seperti Mahfud MD, Cak Imin, dan Khofifah Indar Parawansa. Tinggal mana yang dipilih Bu Megawati Soekarnoputri," ujar Saidiman dalam talkshow Titik Temu, yang dikutip Senin (25/9/2023).

Baca Juga: Respons Ganjar Pranowo soal Kaesang Gabung PSI

1. Pemilihan cawapres harus ada rasio analisis

Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap TinggiGanjar Pranowo (IDN Times/Aryodamar)

Dalam kesempatan itu, pengamat kebijakan publik, Samuel Nitisaputra, mengatakan bahwa pemilihan cawapres harus ada rasio analisisnya. Menurutnya, pemilihan cawapres itu jangan hanya mengambil dari basis kelompok saja.

"Menurut saya, Ganjar maju dengan Ridwan Kamil. Persoalan berasal dari partai mana, Ridwan Kamil tidak begitu menjadi masalah. Toh, Ridwan sudah pernah bertemu dengan Megawati Soekarnoputri," ucap Samuel.

Baca Juga: Ada Usulan Ganjar Jadi Cawapres Prabowo, Ganjarian: Jangan Halusinasi!

2. Bacapres tidak hanya bicara melanjutkan program Jokowi saja

Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap TinggiBakal Calon Presiden RI Ganjar Pranowo menghadiri pameran foto Reformasi 98 di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (13/5/2023) (IDN Times/Aryodamar)

Samuel mengatakan, bacapres yang ada seharusnya tidak hanya bicara akan melanjutkan program Jokowi saja. Tapi, harus ditegaskan juga mengenai program baru apa saja yang bisa memajukan Indonesia.

"Bukan siapa yang akan menjadi The Next Jokowi. Siapa yang bisa adu gagasan dan melanjutkan pemerintahan Jokowi. Jangan hanya bergosip, fitnah, maupun hoaks. Ini kan sudah terlihat saat Ganjar tampil di UI dan UGM. Yang dibutuhkan bukan hanya meneruskan program Jokowi, tetapi juga menambah dengan program baru," ujar dia.

3. Elektabilitas tiga bacapres masih di garis yang sama dalam enam bulan terakhir

Siapapun Cawapresnya, Elektabilitas Ganjar Dinilai Tetap TinggiPrabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawaninstagram.com/ganjar_pranowoIDN Times/Reynaldy Wiranata)

Sementara itu, analisis peneliti Alogaritma Pangeran Ahmad Nurdin menerangkan, elektabilitas tiga bacapres yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dalam enam bulan terakhir berada di garis yang sama.

"Tren survei selama 6 bulan ini, suara ketiga calon ini relatif ada di garis sama. Nah, menurut saya dari ketiga calon, kubu Ganjar Pranowo lah ditunggu langkah gebrakan hebat, baik untuk satu atau dua putaran," kata Pangeran.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya