Soal Isu Effendi Simbolon Tak Masuk Caleg PDIP 2024, Ini Kata Hasto

PDIP belum umumkan daftar caleg 2024

Jakarta, IDN Times - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, merespons adanya isu Effendi Simbolon tak masuk dalam daftar calon anggota legislatif (caleg) PDIP di Pileg 2024. Menurut dia, semua caleg yang didaftarkan PDIP sifatnya masih sementara.

"Nanti kami lihat, sementara ini kelengkapan-kelengkapan data administrasi masih dilengkapi, masih bisa beberapa perubahan-perubahan penyesuaian komposisi dengan melihat dinamika politik, sehingga berdasarkan peraturan KPU masih bisa dilakukan perubahan-perubahan," ujar Hasto di kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (11/7/2023)

1. Tak tegas jawab soal nama Effendi masuk dalam daftar caleg atau tidak

Soal Isu Effendi Simbolon Tak Masuk Caleg PDIP 2024, Ini Kata HastoAnggota DPR RI Fraksi PDIP, Effendi Simbolon dipanggil ke kantor DPP PDIP, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Meski demikian, Hasto tak menjawab secara tegas terkait dengan Effendi masuk dalam daftar caleg atau tidak. Menurutnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) juga belum memutuskan daftar calon tetap.

Sehingga, semua nama yang saat ini sifatnya masih daftar calon sementara dan bisa berubah.

"Siapa pun yang menjadi caleg belum kami umumkan, yang jelas saya pribadi tidak mencalonkan dan tidak juga dicalonkan sebagai anggota legislatif. Saya konsentrasi fokus di Partai," kata Hasto.

Isu Effendi simbolon tidak didaftarkan Caleg 2024 bermula ketika mengundang Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dalam acara Rakernas ke-16 Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI), pada Jumat, 7 Juli 2023.

Dia menilai Prabowo adalah sosok pemimpin yang tepat untuk melanjutkan kinerja Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada 2024. Padahal, sikap resmi PDIP, parpol tempat Effendi bernaung, mengajukan Ganjar Pranowo di Pemilu 2024 sebagai capres.

Baca Juga: Sekjen PDIP Tegaskan Effendi Simbolon Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres

2. Hasto sebut masalah Effendi Simbolon sudah selesai

Soal Isu Effendi Simbolon Tak Masuk Caleg PDIP 2024, Ini Kata HastoAnggota DPR RI Fraksi PDIP, Effendi Simbolon dipanggil ke kantor DPP PDIP, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Hasto menyebut masalah Effendi Simbolon sudah selesai. Effendi juga sudah diminta klarifikasi oleh DPP PDIP pada Senin, 10 Juli 2023.

Dalam klarifikasinya, Effendi menyampaikan kepada DPP PDIP alasan mengundang Prabowo dengan kapasitas sebagai Menteri Pertahanan.

"Karena ini sangat penting apakah betul-betul dilakukan (Kemenhan,red) untuk melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia atau ada kepentingan-kepentingan lain. Itu yang maka kemarin kami sudah bertemu, sudah bicara panjang lebar, sehingga sudah selesai dan itu menjadi agenda internal PDI Perjuangan," kata Hasto.

3. Hasto sudah lapor ke Megawati soal klarifikasi Effendi Simbolon

Soal Isu Effendi Simbolon Tak Masuk Caleg PDIP 2024, Ini Kata HastoAnggota DPR RI Fraksi PDIP, Effendi Simbolon dipanggil ke kantor DPP PDIP, Senin (10/7/2023) (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Hasto mengaku sudah melaporkan hasil klarifikasi Effendi Simbolon ke Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Menurutnya, Effendi Simbolon juga sedang melakukan kajian atas kebijakan yang dilakukan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Kebetulan Pak Effendi Simbolon bakal melakukan kajian-kajian kebijakan pertahanan selama kepemimpinan Pak Prabowo dengan membandingkan dengan sebelumnya dan nanti kami lihat hasilnya seperti apa," imbuhnya.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Effendi Simbolon Penuhi Panggilan PDIP, Buntut Puji Prabowo

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya