Suhartoyo Jadi Ketua MK, Ganjar: Semoga Marwah MK Kembali

Ganjar ucapkan selamat

Jakarta, IDN Times - Suhartoyo terpilih menjadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk menggantikan Anwar Usman, yang dicopot karena terbukti melakukan pelanggaran etik berat. Calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan, Ganjar Pranowo menyampaikan harapannya untuk Suhartoyo.

"Selamat bekerja, mudah-mudahan bisa membawa marwah MK kembali seperti semula," ujar Ganjar di Kelapa Gading, Jakarta Utara, kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Suhartoyo Terpilih Jadi Ketua MK, Gantikan Anwar Usman

1. Suhartoyo terpilih melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH)

Suhartoyo Jadi Ketua MK, Ganjar: Semoga Marwah MK KembaliSebanyak sembilan hakim konstitusi berfoto bersama usai terpilihnya Suhartoyo sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) di Gedung MK, Kamis (9/11/2023). (IDN Times/Yosafat Bayu).

Diketahui, Suhartoyo terpilih melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH) tertutup di Ruang Sidang Pleno MK, Kamis (9/11/2023).

"Kami bersembilan sepakat memberikan kesempatan pada dua hakim konstitusi yang disebut dalam RPH tadi, diminta untuk diskusi berdua. Jadi tujuh dari sembilan hakim meninggalkan ruangan. Hanya saya dan Pak Suhartoyo untuk berdiskusi. Siapa yang mau jadi ketua dan jadi wakil ketua," kata Wakil Ketua MK Saldi Isra di Gedung MK, Jakarta Pusat.

"Sambil refleksi, kami kedua nanti, ada dorongan memperbaiki MK setelah beberapa kejadian terakhir. Akhirnya kami berdua sampai pada keputusan, yang disepakati dari hasil tadi untuk jadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Suhartoyo. Dan saya tetap jadi Wakil Ketua," ucap dia.

Baca Juga: Suhartoyo Dipilih Jadi Ketua MK, Akan Dilantik 13 November

2. Suhartoyo dilantik pada 13 November 2023

Suhartoyo Jadi Ketua MK, Ganjar: Semoga Marwah MK KembaliHakim MK Saldi Isra dan Suhartoyo (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Wakil Ketua MK sekaligus pemimpin Rapat Permusyawakatan Hakim (RPH), Saldi Isra menuturkan, hakim Suhartoyo akan dilantik di Ruang Sidang Gedung MK, Jakarta Pusat pada Senin (13/11/2023).

"Insyaallah Senin mengucapkan sumpah," kata Saldi dalam konferensi pers di Ruang Sidang MK, Jakarta Pusat pada Kamis (9/11/2023).

Baca Juga: Profil Suhartoyo: Hakim PN Lampung yang Jadi Ketua MK

3. Respons Suhartoyo

Suhartoyo Jadi Ketua MK, Ganjar: Semoga Marwah MK KembaliSembilan Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) dalam konferensi pers hasil pleno pemilihan ketua dan wakil ketua MK di ruang sidang MK, Jakarta Pusat, Senin (9/11/2023) (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Usai terpilih, Suhartoyo menyatakan sanggupp menjadi Ketua MK. Dia mengaku merasa sanggup menjalankan tugas sebagai pimpinan MK lantaran mendapat kepercayaan dari delapan hakim konstitusi lainnya.

"Kesanggupan itu sebenarnya datang karena ada panggilan, ada permintaan, dari para hakim-hakim itu," kata Suhartoyo dalam konferensi pers di Gedung MK, Jakarta Pusat, Kamis (9/11/2023).

"Jadi teman-teman semua yang harus dipahami adalah jabatan ini bagi saya bukan saya yang minta, tapi ada kehendak dari para yang mulia," imbuhnya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya