Suhartoyo Terpilih Jadi Ketua MK, Gantikan Anwar Usman

Saldi Isra tetap duduki jabatan Wakil Ketua MK

Jakarta, IDN Times - Hakim Konstitusi Suhartoyo terpilih jadi Ketua Mahkamah Konstitusi (MK). Dia menggantikan posisi Ketua MK sebelumnya, Anwar Usman, yang dicopot Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) karena pelanggaran etik berat.

Suhartoyo terpilih melalui rapat permusyawaratan hakim (RPH) tertutup di Ruang Sidang Pleno MK, Kamis (9/11/2023).

"Kami bersembilan sepakat memberikan kesempatan pada dua hakim konstitusi yang disebut dalam RPH tadi, diminta untuk diskusi berdua. Jadi tujuh dari sembilan hakim meninggalkan ruangan. Hanya saya dan Pak Suhartoyo untuk berdiskusi. Siapa yang mau jadi ketua dan jadi wakil ketua," kata Wakil Ketua MK Saldi Isra di Gedung MK, Jakarta Pusat.

"Sambil refleksi, kami kedua nanti, ada dorongan memperbaiki MK setelah beberapa kejadian terakhir. Akhirnya kami berdua sampai pada keputusan, yang disepakati dari hasil tadi untuk jadi Ketua MK ke depan adalah Bapak Suhartoyo. Dan saya tetap jadi Wakil Ketua," ucap dia.

Sebelumnya sembilan hakim konstitusi telah melakukan RPH secara tertutup sejak pukul 09.00 sampai sekitar pukul 12.00 WIB. RPH tersebut dilakukan untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua MK melalui musyawarah mufakat.

Sebagaimana diketahui, sembilan hakim konstitusi mempunyai hak yang sama untuk memilih baik sebagai ketua maupun wakil ketua. Sembilan hakim konstitusi yang ikut dalam RPH tersebut, yakni Anwar Usman, Arief Hidayat, Wahiduddin Adams, Manahan M P Sitompul, Suhartoyo, Saldi Isra, Enny Nurbaningsih, Daniel Yusmic Pancastaki Foekh, dan M. Guntur Hamzah.

Namun, khusus Anwar Usman tidak punya untuk hak mencalonkan diri atau dipilih sebagai ketua maupun wakil ketua MK karena terhalang Putusan MKMK yang melarang dirinya menjadi pimpinan MK.

Baca Juga: MKMK Copot Anwar Usman, Anies: Semoga Bisa Menjaga Marwah Konstitusi

Baca Juga: Anwar Usman: Konflik Kepentingan di MK Sudah Ada sejak Era Jimly

Baca Juga: Anwar Usman: Saya Tak Mungkin Korbankan Martabat demi Paslon Tertentu

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya