Surya Paloh Ungkap Kriteria Cawapres Pendamping Anies Baswedan

Capres dan cawapres harus bisa saling membantu

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP NasDem, Surya Paloh mengungkap kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang pas untuk mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024. Secara garis besar, cawapres yang pas adalah yang satu frekuensi dengan Anies.

"Wakil yang bisa berperan seoptimal untuk membantu presidennya lah, itu yang pasti. Sayang kalau seorang wakil presiden tidak mampu memperankan secara lebih optimal untuk mengurusi bagian-bagian yang bisa dia perankan untuk lebih mengoptimalkan output kinerja antara presiden dan wakil presiden itu," ujar Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Senin (18/7/2023).

Baca Juga: Bertemu Jokowi, Surya Paloh Tak Masalah Menteri NasDem Berkurang

1. Jokowi tanya siapa cawapres Anies ke Surya Paloh

Surya Paloh Ungkap Kriteria Cawapres Pendamping Anies BaswedanKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh saat deklarasi pencalonan Anies Baswedan sebagai capres untuk Pilpres 2024.(IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Dalam kesempatan itu, Surya Paloh menceritakan pertemuannya dengan Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin (17/7/2023). Dalam pertemuan itu, Jokowi menanyakan siapa cawapresnya Anies.

"Nah Pak Jokowi juga tanya, siapa ini wakil presidennya ini, saya bilang saya belum mikirin itu, yang saya tahu (urusan) Pak Anies itu, ha-ha-ha," kata dia.

"Ya saya bilang, saya belum memahami barangkali Pak Anies yang paling tahu, ya itu saja kira-kira, begitu," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Tanya Siapa Cawapres Anies Saat Bertemu Surya Paloh di Istana

2. Surya Paloh buka kemungkinan Anies bertemu dengan Jokowi

Surya Paloh Ungkap Kriteria Cawapres Pendamping Anies BaswedanKetum NasDem Surya Paloh (IDN Times/Aryodamar)

Surya Paloh mengaku tidak menawarkan kepada Jokowi untuk bertemu dengan Anies Baswedan. Namun, Surya Paloh menduga kemungkinan pertemuan bisa saja terjadi.

"Saya gak menawarkan, tapi probaliti itu bisa saja dan itu bagus, kemungkinan itu bisa saja, kemungkinan ke arah itu bisa saja," ucap dia.

3. Pertemuan dalam suasana kekeluargaan

Surya Paloh Ungkap Kriteria Cawapres Pendamping Anies BaswedanSurya Paloh (ANTARA/Abdu Faisal)

Surya Paloh mengatakan, pertemuan dengan Jokowi itu berlangsung dengan suasana kekeluargaan. Menurutnya, hal itu perlu dilakukan di tengah situasi menuju Pemilu 2024.

"Karena ini yang kita butuhkan. Suasana kita menghadapi Pemilu 2024 yang waktunya tidak terlalu lama lagi, di depan mata kita, bagaimana kalau bisa semua para katakanlah elite bangsa ini, ada suasananya dengan menyambut itu tidak dengan ketegangan, kekakuan, apalagi dalam suasana gundah gulana, kalau kita bisa bawa sedikit dengan sedikit lebih rileks saya pikir bagus itu, masalah pilihan masing-masing," imbuhnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya