Comscore Tracker

Tak Bisa Diganggu, Kursi Kosong Menteri PAN-RB Jatah PDI Perjuangan!

Tjahjo Kumolo merupakan kader PDI Perjuangan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hingga kini belum mengumumkan pengganti Tjahjo Kumolo, sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB). Tjahjo meninggal dunia pada 1 Juli 2022.

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan, kursi Menpan-RB itu nantinya akan tetap diberikan kepada PDI Perjuangan. Sebab, Tjahjo merupakan kader PDI Perjuangan.

"Jadi untuk pengganti Pak Tjahjo tentunya ini keputusan bersama, karena Bapak Presiden yang mempunyai hak prerogatif, mendapatkan masukan dari PDI-Perjuangan, dari Bu Mega. Karena memang yang digantikan itu kebetulan juga kader PDI Perjuangan dan itu memang alokasi untuk PDI Perjuangan," ujar Pramono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (8/8/2022).

"Nah, kemarin Ibu Mega juga baru kembali dari luar negeri, kebetulan ada wisuda putra-putrinya Ibu Puan, sehingga waktunya dalam waktu dekat ini akan segera dibahas. Tapi nama-namanya sudah ada," sambungnya.

Baca Juga: Megawati Bakal Temui Jokowi Bahas Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

1. Masih enggan sebut nama

Tak Bisa Diganggu, Kursi Kosong Menteri PAN-RB Jatah PDI Perjuangan!

Meski demikian, Pramono enggan menjelaskan siapa nama yang akan menjadi Menpan-RB. Menurutnya, nama tersebut akan disampaikan oleh Jokowi.

"Namanya sebenarnya sudah hampir mengerucut. Tapi udah nanti akan dibahas Presiden dan Ibu Mega," kata dia.

Baca Juga: Soal Pengganti Menpan-RB, Hasto Kristianto: Bukan Saya 

2. Jokowi selalu sampaikan ke ketum partai koalisi sebelum ada reshuffle

Tak Bisa Diganggu, Kursi Kosong Menteri PAN-RB Jatah PDI Perjuangan!Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas evaluasi mudik Lebaran 2022 (dok. Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, Pramono mengatakan, Jokowi biasanya akan menyampaikan ke ketua umum partai politik koalisi apabila hendak melakukan reshuffle kabinet. Tujuannya, untuk meminta masukan.

Nantinya, nama yang akan menggantikan Tjahjo itu akan dilantik oleh Jokowi sebagai Menpan-RB. Pramono juga masih enggan menyebutkan kapan waktu pelantikan tersebut.

"Tentu tergantung kesepakatan yang ada. Mudah-mudahan gak terlalu lama," ujar dia.

3. Jokowi tunjuk Mahfud MD jadi Plt MenPAN-RB

Tak Bisa Diganggu, Kursi Kosong Menteri PAN-RB Jatah PDI Perjuangan!Menteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB). Mahfud MD menjadi Plt MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia.

"Posisi MenPAN-RB dijabat oleh Plt. Bapak Mahfud, ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut. Sembari masih menunggu prosesnya untuk pengganti," ujar Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini dalam keterangannya, Jumat, 15 juli 2022.

Faldo menjelaskan, penunjukkan Mahfud sebagai Plt MenPAN-RB agar pemerintahan berjalan baik. Sehingga, segala administrasi yang harus dikerjakan dapat berjalan optimal.

"Kita tentu semua berharap, penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan. Biasa proses seperti ini, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif, yang paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik," kata dia.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya