Comscore Tracker

Megawati Bakal Temui Jokowi Bahas Pengganti MenPAN-RB Tjahjo Kumolo

Ada beberapa hal lainnya yang akan dibahas

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, menyatakan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan menemui Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Salah satu hal yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah untuk berdiskusi terkait pengganti dari mendiang Tjahjo Kumolo sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

"Nama-nama kan sudah digodok dulu, sehingga awal Agustus inilah nanti Ibu Ketum akan bertemu dengan bapak Presiden Jokowi dan di dalam pertemuan itulah akan disampaikan tidak hanya terkait dengan penggantian almarhum mas Tjahjo," ujar Hasto di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jakarta Pusat, Minggu (31/7/2022).

1. PDIP menghormati mendiang Tjahjo Kumolo

Megawati Bakal Temui Jokowi Bahas Pengganti MenPAN-RB Tjahjo KumoloMenpan RB Tjahjo Kumolo saat keterangan pers usai Ratas Evaluasi PPKM di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, pada Senin (3/1/2022). (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Hasto mengatakan penunjukkan Menteri PAN RB yang baru tetap menghormati mendiang Tjahjo Kumolo. Karena itu, hal tersebut baru akan dibahas setelah 40 hari meninggalnya mantan Sekjen PDIP itu.

"Karena 40 hari nanti pada awal Agustus itu sudah bagian dari etika yang dibangun oleh PDI Perjuangan, menghormati seniornya yang wafat dan penggantiannya dilakukan setelah 40 hari," ujarnya.

Baca Juga: Tiba di Tanah Air, Jokowi Bawa Oleh-Oleh Investasi dari Asia Timur

2. Ada sejumlah hal yang akan dibahas Jokowi dan Megawati

Megawati Bakal Temui Jokowi Bahas Pengganti MenPAN-RB Tjahjo KumoloPresiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Pembahasan sosok Menteri PAN RB yang baru bukan menjadi satu-satunya yang akan didiskusikan Megawati dengan Jokowi. Namun, Hasto tidak merinci apa saja yang akan dibicarakan keduanya.

"Tentu saja, nanti ada hal lain yang dibahas dalam pertemuan antara ibu Mega (dan) bapak Presiden Jokowi," ujarnya.

3. Mahfud MD jadi Plt Menpan RB

Megawati Bakal Temui Jokowi Bahas Pengganti MenPAN-RB Tjahjo KumoloMenteri Koordinator bidang politik, hukum dan keamanan, Mahfud MD (www.instagram.com/@mahfudmd)

Tjahjo Kumolo meninggal dunia pada 1 Juli 2022 lalu di RS Abdi Waluyo, pukul 11.10 WIB karena komplikasi penyakit. Dia dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk mengisi kekosongan jabatan, Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Kemananan (Menkopolhukam) Mahfud MD. Dia akan mengisi kekosongan jabatan untuk sementara waktu dengan bertindang sebagai pelaksana tugas.

Baca Juga: PDIP Usulkan Calon Menpan-RB ke Jokowi Usai 40 Hari Kematian Tjahjo

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya