Comscore Tracker

Taktik Jokowi Main Cantik Dukung Semua Capres di Pilpres 2024

Hal itu dilakukan agar program Jokowi terus berlanjut

Jakarta, IDN Times - Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, menilai Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan bermain di semua kaki dalam dukungannya untuk capres 2024. Menurutnya, terlalu berisiko bila Jokowi hanya mendukung satu capres saja.

"Karena kita tahu di awal ada indikasi Jokowi ke Ganjar, lalu PDIP ngamuk, lalu menghajar Jokowi, dan kemudian hubungan Jokowi dan PDIP. Sekarang kan hubungannya sedang baik antara PDIP dan Jokowi, ini Jokowi menjaga jarak dengan Ganjar, saya melihat Jokowi bermain cantik, bisa jadi mendukung calon tertentu tapi tidak disebutkan saat ini," ujar Ujang saat dihubungi IDN Times, Kamis (18/8/2022).

Baca Juga: Jokowi Tak Masalah Dianggap Beri Restu ke Prabowo dan Ganjar

1. Jokowi dukung semua capres agar pembangunan IKN terus berlanjut

Taktik Jokowi Main Cantik Dukung Semua Capres di Pilpres 2024Presiden Jokowi saat memimpin rapat terbatas (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Ujang menjelaskan, Jokowi diduga akan mendukung semua capres agar semua programnya dapat dilanjutkan. Salah satu program prioritas Jokowi yakni membangun Ibu Kota Nusantara.

"Saya menduga Jokowi main di semua kaki, mendukung capres dan cawapres semuanya, nanti kalau Prabowo maju didukung, Ganjar maju didukung, Anies maju didukung, jadi bisa jadi Jokowi main di semua kaki, mendukung di semua capres. Sehingga, siapun yang jadi, siapapun yang menang, deal dengan Jokowi terkait dengan tindaklanjut IKN, program-program Jokowi dilanjutkan oleh Capres yang lain," katanya.

"Kalau Jokowi menentukan pihak capres tertentu lalu kalah, ini akan menjadi persoalan, akan dihabisi Jokowi, program politik, ekonominya oleh capres yang menang yang tidak didukungnya, Jokowi tidak akan ambil risiko akan ambil di banyak kaki," sambungnya.

Baca Juga: Jokowi Jalan Bareng Jan Ethes di Solo, Ganjar dan Erick Ikut

2. Jokowi akan masih satu suara dengan PDIP?

Taktik Jokowi Main Cantik Dukung Semua Capres di Pilpres 2024Presiden Jokowi dan Megawati tiba di Rakernas PDIP, Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan. (dok. PDIP)

Lebih lanjut, Ujang mengatakan, Jokowi masih akan satu suara dengan PDIP apabila capres dan cawapresnya sesuai. Misalnya, kata dia, Puan Maharani berpasangan dengan Ganjar.

"Tapi saya tidak tahu skenarionya, kalau Jokowi ke Ganjar, misalkan capres cawapresnya ada Puan dan cawapresnya Ganjar, bisa jadi Jokowi ke situ. Tapi saya melihat kemungkinannya Jokowi main di banyak kaki, itu yang lebih aman," ucap dia.

Baca Juga: Bertarung di Pilpres 2024, Sejumlah Capres Bakal Berebut Basis Suara Jokowi

3. Jokowi tak masalah dianggap beri restu ke Prabowo dan Ganjar

Taktik Jokowi Main Cantik Dukung Semua Capres di Pilpres 2024Jokowi dan Prabowo (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Sebelumnya, Presiden Jokowi tak masalah bila dianggap mendukung salah satu capres. Dia mengaku tak bisa menghalangi seseorang untuk menjadi calon presiden.

"Istilahnya saya kira karena menyampaikan kepada saya, masak saya 'jangan', ndak kan gak gitu, ya silakan demokrasi kita kan memang harus disampaikan seperti itu, gak mungkin presiden yang misalnya ada menteri ke saya menyampaikan itu lalu saya buat 'tidak', silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu silakan saja," ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya