Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman 

Jokowi bakal bahas investasi di UAE

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo terbang berangkat ke Eropa, Minggu (26/6/2022). Ada tiga negara yang akan dituju oleh Jokowi, yakni Jerman, Ukraina dan Rusia.

Misi utama Jokowi berkunjung ke Eropa adalah perdamaian dunia. Setelah itu, Jokowi akan terbang ke Uni Emirat Arab. Di negara tersebut, Jokowi akan membahas tentang kerja sama ekonomi dan investasi antara Indonesia dan Uni Emirat Arab.

"Kunjungan ini bukan hanya penting bagi Indonesia, tapi juga bagi negara-negara berkembang untuk mencegah rakyat negara-negara berkembang dan berpenghasilan rendah jatuh pada jurang kemiskinan ekstrem dan kelaparan," ujar Jokowi dalam konferensi pers virtual, Minggu.

Baca Juga: Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat Garuda

1. Jokowi akan hadir di acara KTT G7 di Jerman

Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman Konferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Dalam kesempatan itu, Jokowi menyampaikan agendanya ketika berada di Jerman. Dia akan menghadiri  acara Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Munich, Jerman.

Dalam agenda itu, Jokowi berencana mengajak negara yang tergabung dalam KTT G7 untuk menyerukan perdamaian dunia. Salah satunya upaya perdamaian Rusia dan Ukraina.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mendorong dan mengajak negara KTT G7 mencari solusi tentang krisis pangan dan energi yang sedang melanda dunia.

"Memang upaya ini tidak mudah, tapi kita Indonesia akan terus berupaya," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Ungkap Misinya Kunjungi Ukraina dan Rusia

2. Jokowi bakal ke Ukraina dan Rusia

Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman Konferensi pers Presiden Jokowi kunjungan kerja ke luar negeri (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Usai dari Jerman, Jokowi akan berkunjung ke Ukraina. Di Ukraina, Jokowi akan bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.

"Misinya adalah mengajak Presiden Ukraina, Presiden Zelenskyy untuk membuka ruang dialog dalam rangka perdamaian untuk membangun perdamaian. Karena perang memang harus dihentikan dan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan harus diaktifkan kembali," kata dia.

Jokowi kemudian akan melanjutkan lawatannya ke Rusia. Orang nomor satu di Indonesia itu dijadwalkan bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin.

"Dari Ukraina, saya akan menuju ke Rusia untuk bertemu Presiden Vladimir Putin. Sekali lagi, dengan misi yang sama saya akan mengajak Presiden Putin untuk membuka ruang dialog dan sesegera mungkin melakukan gencatan senjata dan menghentikan perang," ujar Jokowi.

3. Pemerintahan akan dipimpin sementara oleh Ma'ruf Amin

Terbang ke Eropa, Jokowi Akan Hadiri KTT G7 di Jerman Wakil Presiden Ma'ruf Amin jadi saksi pernikahan Ketua MK Anwar Usman dan Idayati (dok. Sekretariat Wakil Presiden)

Selama berada di luar negeri, Jokowi memberi tugas kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Namun, Jokowi tak menjelaskan  berapa lama berada di luar negeri.

"Selama (saya) di luar negeri, pemerintahan akan dipimpin oleh Bapak Wakil Presiden," imbuhnya.

Baca Juga: Bawa Misi Perdamaian, Jokowi Terbang ke Eropa Pakai Pesawat Garuda

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya