Tim Uji Coba Pergi Umrah Saat Kasus Omicron Naik, AMPHURI Kena Tegur

Kemenag kecewa dan menegur AMPHURI 

Jakarta, IDN Times - Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) ditegur oleh Kementerian Agama, karena memberangkatkan tim uji coba atau advance untuk ibadah umrah ke Arab Saudi di luar jadwal yang ditentukan. AMPHURI memberangkatkan tim advance pada 30 dan 31 Desember 2021.

Padahal, berdasarkan kesepakatan Kemenag dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU), tim advance hanya berangkat pada 23 Desember 2021. Jumlah tim advance sebanyak 25 orang, mereka berasal dari perwakilan PPIU.

"Kementerian Agama menyayangkan keberangkatan uji coba umrah pada 30 Desember 2021, karena menjadi preseden buruk bagi asosiasi atau pelaku usaha lainnya, untuk memberangkatkan ibadah umrah dengan mengabaikan imbauan Presiden dan arahan Menteri Agama," tulis surat teguran Kemenag seperti dikutip IDN Times, Selasa (4/1/2022).

Baca Juga: [Kaleidoskop 2021] Buka Tutup Pintu Umrah, Jemaah RI Belum Berangkat

1. Kemenag kecewa

Tim Uji Coba Pergi Umrah Saat Kasus Omicron Naik, AMPHURI Kena TegurGedung Kementerian Agama (Kemenag) (IDN Times/Shemi)

Dalam surat tersebut, Kemenag menyatakan kecewa atas pelanggaran kebijakan dan hasil kesepakatan antara pemerintah dan PPIU.

"Kemenag hanya menyetujui permohonan keberangkatan ibadah umrah oleh tim advance yang terlah berangkat pada 23 Desember 2021, dan jika ada selain tanggal tersebut adalah di luar kebijakan Menteri Agama dan melanggar kesepakatan hasil rapat bersama," ucapnya.

"Kementerian Agama menegur AMPHURI dan meminta untuk menghormati regulasi dan kebijakan yang ditetapkan, serta wajib menerbitkan disiplin anggotanya," sambung surat tersebut.

Baca Juga: Ribuan Jemaah Umrah Balikpapan Ditunda Berangkat ke Tanah Suci

2. AMPHURI benarkan ditegur Kemenag

Tim Uji Coba Pergi Umrah Saat Kasus Omicron Naik, AMPHURI Kena TegurJemaah umrah melakukan tawaf mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram (IDN Times/Mela Hapsari)

Kepala Bidang Umrah AMPHURI, Zaky Zakaria Anshary, membenarkan surat teguran itu. Menurutnya, perwakilan dari AMPHURI menghadap ke Kemenag pada Senin, 3 Januari 2022 kemarin.

"Iya, betul (surat teguran dari Kemenag untuk AMPHURI)," kata Zaky.

Dia mengatakan, tim dari AMPHURI sudah ada yang berangkat, baik di tanggal 30 Desember maupun 31 Desember 2021.

"Sudah berangkat, grup tanggal 30 Desember landing Jeddah, sekarang lagi karantina 5 hari di Jeddah. Yang tanggal 31 landing di Madinah, karantina di Madinah," katanya.

3. Ada 84 orang yang berangkat

Tim Uji Coba Pergi Umrah Saat Kasus Omicron Naik, AMPHURI Kena TegurIDN Times/Uni Lubis

Melalui keterangan tertulisnya, AMPHURI menyebut ada 84 orang perwakilan yang berangkat. Perwakilan PPIU yang berangkat itu dibagi tiga grup.

Dua grup pertama adalah mereka yang menerima vaksin Sinovac. Sedangkap grup ketiga yang menerima vaksin non-Sinovac. Grup tersebut kembali dibagi menjadi dua kelompok terbang.

"Keberangkatan umrah perdana pimpinan PPIU anggota AMPHURI sengaja dibagi dua kelompok terbang," kata AMPHURI.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya