Tinjau Infrastruktur IKN, Jokowi Kunker ke Kalimantan Timur

Jokowi juga akan bagikan BLT di Kalimantan Timur

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo hari ini, Selasa (25/10/2022), kunjungan kerja (kunker) ke Kalimantan Timur (Kaltim). Ada sejumlah agenda yang akan dilakukan Jokowi di Kalimantan Timur.

Salah satu agendanya meninjau infrastruktur pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Selain itu, Jokowi juga akan membagikan bantuan langsung tunai (BLT) di pasar.

Baca Juga: Kabar Baik, RI Bakal Terima Rp200 Triliun untuk Pembangunan IKN

1. Pesawat kepresidenan sudah tiba di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggang

Tinjau Infrastruktur IKN, Jokowi Kunker ke Kalimantan TimurPresiden Jokowi kunjungan kerja ke Kalimantan Timur (dok. Sekretariat Presiden)

Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pukul 07.00 WIB. Pesawat Kepresidenan yang membawa rombongan Presiden Jokowi kemudian mendarat di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepingggang, Kota Balikpapan sekitar pukul 09.55 WITA.

Di IKN, Jokowi akan meninjau pembangunan infrastruktur mulai dari Land Development, Bendungan Sepaku Semoi, hingga Persemaian Mentawir.

Dalam kunjungan kerja ke Kalimantan Timur, Jokowi didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko, Sekretaris Pribadi Presiden Anggit Noegroho, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Baca Juga: IKN Pakai Lahan Hutan Produksi, Jokowi: Jangan Ada Isu Merusak Hutan

2. Bangun IKN, Jokowi: Saya ingin Indonesia sentris, bukan Jawa sentris

Tinjau Infrastruktur IKN, Jokowi Kunker ke Kalimantan TimurPresiden Jokowi di acara Pre-Market Sounding Proyek Ibu Kota Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi menghadiri acara Pre-market Sounding Proyek Ibu Kota Negara, yang digelar oleh KADIN Indonesia. Jokowi mengatakan, Indonesia merupakan negara luas yang selama ini pusat perekonomian berada di Pulau Jawa.

Padahal, kata dia, Indonesia memiliki 17 ribu pulau. Oleh karena itu, dia bertekad untuk memindahkan ibu kota ke Ibu Kota Nusantara (IKN).

"Kita ingin mengahdirkan pembangunan yang Indonesia sentris, bukan Jawa sentris, karena Indonesia ini bukan hanya Jawa, Indonesia ini memiliki 17.000 pulua, 514 kabupaten dan kota, 34 provinsi," ujar Jokowi di The Ballroom Djakarta Theatre, Jakarta, Selasa (18/10/2022).

Menurutnya, 149 juta penduduk Indonesia berada di Jawa. Selain itu, PDB ekonomi Indonesia 58 persennya juga berada di Jawa.

Baca Juga: Ketua MPR Bisik-bisik ke Jokowi Mau Bangun Sirkuit di IKN

3. Jokowi sebut 70 persen IKN merupakan area hijau

Tinjau Infrastruktur IKN, Jokowi Kunker ke Kalimantan TimurPresiden Jokowi di acara Pre-Market Sounding Proyek Ibu Kota Negara (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan, kawasan IKN nantinya 70 persen merupakan area hijau. Menurutnya, IKN juga menggunakan lahan hutan produksi.

"Lahan yang digunakan untuk membangun IKN ini awalnya adalah hutan produks, jangan ada yang keliru bahwa ini hutan alam, bukan,
hutan produksi," kata dia.

"Monokultur artinya di situ hanya ada satu jenis pohon dan saya tahu betul pohonnya itu apa, pohon ekualiptus yang dipakai dan ditebang setiap 6 sampai 7 tahun, jangan ada nanti isu merusak hutan, itu hutan produksi yang setiap 6 tahun, 7 tahun ya ditebang," imbuhnya.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya