Comscore Tracker

Viral Video Puan Maharani Pasang Muka Masam, PDIP Beri Penjelasan

PDIP tegaskan Puan orang yang humble

Jakarta, IDN Times - Ketua DPR RI, Puan Maharani, viral di media sosial. Momen viral itu karena Puan dianggap memasang muka masam ketika membagikan kaus kepada masyarakat.

Dalam video yang beredar, tak ada senyum di wajah Puan saat ia tampak membagikan kaus. Bahkan, Puan terlihat sempat memarahi ajudannya.

Tangan Puan beberapa kali menunjuk-nunjuk ke arah kaus yang dipegang ajudannya. Puan juga beberapa kali melempar kaus yang dibagikannya kepada masyarakat.

Baca Juga: Gema Puan Blitar Deklarasikan Puan Maharani Maju Pilpres 2024 

1. Penjelasan PDI Perjuangan

Viral Video Puan Maharani Pasang Muka Masam, PDIP Beri PenjelasanKetua Banggar DPR RI, Said Abdullah. (IDN Times/Ridwan Aji Pitoko)

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah, menyebut, dalam tayangan video itu, Puan tidak marah. Dia mengatakan, peristiwa itu terjadi saat Puan berkunjung ke Jawa Barat.

Said menjelaskan, ketika Puan kunjungan kerja ke daerah, ada dua lapis pengawalan. Menurutnya, saat itu tim pengawal pribadi (walpri) Puan yang berada di ring 1 memegang kaus yang seharusnya bukan tugasnya.

"Mbak Puan kaget, 'lho kok kamu yang megang kaus?' Mba Puan itu nanya, bukan marah. 'Kok kamu yang pegang kaus? Kan seharusnya bukan kamu. Kamu menjaga, tugas walprinya," ujar Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

"Walpri kan gak boleh bagi-bagi kaus. Ya dong. 'Kamu kenapa (megang kaus)?', kaget Mbak Puan gitu lho," sambungnya.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Kader PDIP Menangkan Pileg 2024 Biar Bisa Hattrick

2. Biasanya ada tim lain yang membagikan kaus

Viral Video Puan Maharani Pasang Muka Masam, PDIP Beri PenjelasanKetua DPR RI Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Lebih lanjut, Said menerangkan, biasanya ada tim lain di ring 2 yang bertugas membagikan barang yang akan diberikan, salah satunya kaus. Dengan demikian, masyarakat pun tidak langsung menyerbu ke arah Puan.

"Nah, biasanya juga di luarnya Mbak Puan itu ada yang bagiin juga. Supaya masyarakat tidak langsung tertuju ke Mbak Puan. Karena kalau tertuju ke Mbak Puan, Mbak Puan ngasih di sekitar, maka dia gak bisa balik, susah," ujar dia.

Baca Juga: Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan Maharani

3. Muka masam Puan karena kesal kepada walpri

Viral Video Puan Maharani Pasang Muka Masam, PDIP Beri PenjelasanKetua DPR dari fraksi PDI Perjuangan, Puan Maharani (IDN Times/Irfan Fatthurohman)

Menurutnya, muka masam Puan itu karena kesal dengan walpri. Selan itu, ring 2 juga tidak ikut membagikan kaus yang seharusnya menjadi tugas mereka.

"Satu, (kesal dengan) walpri itu. Kedua, kok yang di luarnya (gak ikut bagikan kaus), yang biasanya kami kalau ke lapangan ada yang membagi, kok tidak ada yang membagikan. Ternyata di luar prediksi kedatangan masyarakat," ujarnya.

Dia menegeskan, Puan merupakan pejabat yang suka turun ke masyarakat. Oleh karenanya, Said menampik kalau Puan tidak ramah.

"Kalau mbak Puan itu tidak humble, seakan-akan mukanya Mbak Puan tidak merakyat, kemudian untuk apa kira-kira Mbak Puan turun ke bawah. Padahal Mbak Puan ingin turun ke bawah, kan tentu selain tugas-tugas beliau juga ingin tahu apa sih sesungguhnya yang diinginkan oleh masyarakat, harapan masyarakat terhadap pemerintah. Kan begitu," ucapnya.

Baca Juga: Puan Maharani Minta Kader PDIP Menangkan Pileg 2024 Biar Bisa Hattrick

Topic:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya