Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan Maharani

Relawan Ganjar jadi kekuatan di PDIP

Jakarta, IDN Times — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebut diuntungkan dengan kemunculan Dewan Kolonel yang bertugas meningkatkan elektabilitas Puan Maharani sebagai capres 2024. Relawan Ganjar disebut bakal makin ‘memanaskan mesin politik’ karena tak ingin jagoannya kalah saing dengan Puan Maharani.

Hal itu disampaikan Direktur Eksekutif PARA Syndicate Ari Nurcahyo yang menilai Ganjar Pranowo justru tak terzalimi dengan kemunculan Dewan Kolonel Puan Maharani.

“Sepintas memang seperti menjegal Ganjar, tapi justru itu bakal menguatkan Ganjar di basis. Ganjar kan punya basis yang berbeda dengan basis relawan Puan yaitu basis mesin partai,” ujar Ari di Jakarta, Rabu (21/9/2022).

1. Relawan Ganjar jadi basis massa utama

Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan MaharaniDirektur Eksekutif Para Syndicate Ari Nurcahyo. (IDNTimes/Melani Putri)

Ari menilai relawan Ganjar tak akan tinggal diam imbas kemunculan Dewan Kolonel Puan Maharani. Selain bakal terus berkonsolidasi di grassroot untuk memenangkan Ganjar Pranowo, loyalis Ganjar juga cenderung akan melebarkan suara dukungannya agar tak kalah saing dengan Puan Maharani.

Hal ini, menurut Ari, bisa dinilai sebagai keuntungkan bagi pihak PDIP karena memiliki basis massa yang kuat kepada kadernya.

“Saat ini yang terjadi adalah konsolidasi internal partai di semua dapil dan konsolidasi relawan yang semakin masif. Ini kan menarik,” ucapnya.

Baca Juga: PARA Syndicate: Ganjar ‘Mirroring’ Jokowi, Gestur dan Asalnya Sama

2. Ganjar tak terzalimi, justru makin kuat

Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan MaharaniGubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di Sekolah Partai DPP PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wasesa)

Ganjar Pranowo juga disebut bakal lebih kuat karena kemunculan Dewan Kolonel. Sebab, publik akan melihat Ganjar sebagai pihak yang terzalimi di partainya sendiri.

Padahal, dalam penilaian Ari, di waktu bersamaan dukungan kepada Ganjar justru semakin kuat karena ada kecenderungan masyarakat yang simpati pada Ganjar.

“Itu yang enggak dilihat orang. Seakan-akan sekarang udah Ganjar terzalimi nih. Justru makin menguatkan barisan relawan,” ucapnya.

3. Mega bisa satukan dua kubu di PDIP

Ganjar Diuntungkan Dewan Kolonel yang ‘Wangikan’ Puan MaharaniMegawati Soekarnoputri di Rakor Anggota DPR Fraksi PDIP (dok. PDIP)

Menurut Ari, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri memiliki keuntungan dengan kemunculan Dewan Kolonel Puan Maharani juga relawan Ganjar Pranowo.

Megawati, dinilai bisa menyatukan dua kubu tersebut dengan satu keputusan terkait Pilpres 2024. Jika Megawati memutuskan untuk mencalonkan Puan Maharani sekaligus Ganjar Pranowo secara berpasangan, maka basis massa tersebut disebut akan bersatu dan semakin solid.

“Ketika pada titik tertentu Ibu Mega misalnya mengatakan misalnya ke partai dia mencalonkan si A, bisa Puan, bisa Ganjar, bisa tokoh ketiga. Apalagi nanti ada faktor Pak Jokowi. Ketika keduanya sudah menemukan titik temu, relawan dan kelompok internal pendukung Puan ini akan bersatu,” jelas Ari.

Baca Juga: Puan Kumpulkan Kader PDIP di Semarang, Ganjar Tak Diundang Lagi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya