Wapres Ma'ruf Pakai Baju Adat Sumbar di HUT ke-78 RI

Wapres berharap Indonesia lebih maju dan makmur

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengenakan baju adat Sumatra Barat di HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta. Ma'ruf Amin tiba di Istana Merdeka ditemani Wury Ma’ruf Amin sekitar pukul 09.20 WIB.

Ma'ruf dan Wury terlihat mengenakan pakaian adat asal Koto Gadang, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Pakaian tersebut didominasi ungu berpayet emas.

Meski mengenakan pakaian asal Sumatra Barat, Wury Ma'ruf Amin tak mengenakan sunting. Istri Wakil Presiden RI itu mengenakan tingkuluak talakuang atau kain segi empat di bagian kepala, khas pakaian adat Koto Gadang.

"Ini (baju adat) Padang (Sumatra Barat)," ujar Ma'ruf, Kamis (17/8/2023).

Ma'ruf Amin mengatakan, ini merupakan peringatan HUT RI pertama setelah berakhirnya pandemik COVID-19. Dia berharap, Indonesia bisa menjadi negara yang maju, adil dan makmur.

Sebelumnya, Presiden "Jokowi" Widodo mengenakan baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng, Surakarta.

"Ini (baju adat) Ageman Songkok Singkepan Ageng," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Dalam kesempatan itu, Jokowi berpesan keberagaman Indonesia untuk bisa dimanfaatkan sebagai kekuatan yang besar, demi kemajuan bangsa.

"Ya seperti yang kita lihat di Istana, keberagaman ditunjukkan beranekam bermacam-macam baju adat yang kita pakai, ini kekuatan negara kita, kekuatan Indonesia adalah keberagaman yang bisa bersatu," kata dia.

Baca Juga: Seperti Raja Zaman Dulu, Jokowi Pakai Baju Adat Ini di HUT 78 RI

Baca Juga: Menlu Retno Pakai Baju Adat Mamasa di Upacara HUT 78 RI

Baca Juga: Cerita Warga War Tiket 12 Jam demi Ikut Upacara HUT 78 RI di Istana

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya