Wapres Ma'ruf: Presiden Belum Bilang Saya soal Reshuffle

Wapres sebut reshuffle hak prerogratif Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Zainudin Amali secara informal sudah disebut mengundurkan diri sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora). Meski demikian, hingga kini belum ada sinyal Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan reshuffle Kabinet Indonesia Maju.

Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin, juga mengaku belum diajak bicara oleh Jokowi terkait reshuffle kabinet.

"Sering saya katakan reshuffle itu kan memang hak prerogatif presiden. Jadi, presiden apa mau mereshuffle apa tidak, itu ya hak beliau ya dan tentu yang tahu Presiden. Karena presiden juga belum bilang sama saya, hehehe, bahwa akan mereshuffle, belum bilang. Jadi, saya ya belum tahu, jadi ya hanya Presiden (yang tahu)," ujar Ma'ruf dalam keterangannya yang diunggah di kanal YouTube Wakil Presiden Republik Indonesia, Jumat (3/3/2023).

Baca Juga: Jokowi: Zainudin Amali Belum Serahkan Surat Mundur Jadi Menpora

1. Sejumlah jabatan wakil menteri juga masih banyak yang kosong

Wapres Ma'ruf: Presiden Belum Bilang Saya soal ReshuffleWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Selain itu, ada sejumlah jabatan wakil menteri juga yang masih kosong. Lagi-lagi, Wapres Ma'ruf enggan menanggapi soal masih banyaknya kursi wamen yang belum terisi.

"Karena saya belum tahu, memang belum tahu ya memang belum tahu, hehehe. Jadi, itu kita tunggu saja presiden ya," kata dia.

Baca Juga: Zainudin Amali Tak Hadir di Sidang Kabinet, Airlangga: Belum Monitor

2. Zainudin Amali belum menyerahkan surat pengunduran diri

Wapres Ma'ruf: Presiden Belum Bilang Saya soal ReshuffleMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan hingga kini Zainudin Amali belum menyerahkan surat pengunduran diri sebagai Menpora. Padahal, secara informal Amali sudah menyampaikan kepada Jokowi ingin mundur.

"Belum, belum, sampai saat ini belum ada surat ke Pak Mensesneg dari Pak Menpora. Belum ada," ujar Jokowi usai membuka Rakornas BNPB di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2023).

3. Jokowi belum siapkan pengganti Zainudin Amali

Wapres Ma'ruf: Presiden Belum Bilang Saya soal ReshuffleMenteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Karena belum ada surat pengunduran diri, Jokowi mengaku belum menyiapkan siapa pengganti Zainudin Amali.

"Suratnya belum ada kok diganti," kata dia.

Baca Juga: Golkar Ajukan 3 Nama Gantikan Zainudin Amali, Siapa Saja?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya