Wapres: Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Tahun Ini Boleh

Wapres minta masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, pemerintah tahun ini  mengizinkan salat Idul Fitri dilaksanakan di masjid dan lapangan. Hal itu karena kasus aktif COVID-19 di Indonesia sudah melandai.

“Dalam rangka pelaksanaan Idul Fitri nanti, nah memang kita membolehkan (salat Idul Fitri) di masjid, di lapangan, semua boleh. Hanya memang protokol kesehatan dijaga," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Selasa (26/4/2022).

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

1. Masyarakat diimbau tidak mudik serentak

Wapres: Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Tahun Ini BolehWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Ma'ruf kemudian mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik Lebaran tahun ini tidak serempak. Hal itu bisa menyebabkan penumpukan dan kemacetan.

“Memang diharapkan mudiknya tidak dalam waktu serempak sehingga berbarengan. Nanti bertumpuk di jalan nanti bisa dua hari, tiga hari sampai ke daerah. Jadi, Presiden (memberi imbauan) supaya cepat-cepat mudik, sehingga terjadi mudik yang berangsur-angsur,” katanya.

Baca Juga: Jokowi Mudik Lebaran ke Yogyakarta Tahun Ini

2. Ma'ruf akan mudik ke Banten

Wapres: Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Tahun Ini BolehWapres Ma'ruf Amin pimpin rapat penanggulangan miskin ekstrem di NTT (Dok. Setwapres)

Lebih lanjut, Ma'ruf mengaku pada Lebaran tahun ini akan mudik ke Banten. Ma'ruf menyebut, akan terlebih dahulu melaksanakan salat di Masjid Istiqlal, Jakarta.

"Saya sendiri mungkin akan salat di Jakarta. Mungkin saya di Istiqlal, rencana yang saya ambil. Kalau mudiknya saya tidak jauh, saya kan mudik dekat sekali ke Banten situ, satu setengah jam,” katanya.

3. Masyarakat diingatkan tetap disiplin protokol kesehatan

Wapres: Salat Idul Fitri di Masjid dan Lapangan Tahun Ini BolehWapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Mantan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini mengingatkan kepada masyarakat yang ingin mudik Lebaran untuk disipilin protokol kesehatan. Sebab, masih pandemik COVID-19.

“Pemerintah minta supaya tetap menjaga protokol kesehatan, vaksinasinya supaya di-booster, supaya aman,” imbuhnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya