Jokowi Mudik Lebaran ke Yogyakarta Tahun Ini

Jokowi juga akan salat Idul Fitri di Yogyakarta

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berencana mudik Lebaran tahun ini ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Meski demikian, Jokowi tak menjelaskan secara rinci alasannya mudik ke Yogyakarta.

"Saya mudik ke Solo, tapi saya gak ke Solo. Jadi saya ke Jogja," ujar Jokowi di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/4/2022).

Baca Juga: Mau Mudik ke Brebes Dari Semarang? Baca Ini Sebelum Mudik!

1. Jokowi salat Idul Fitri di Yogyakarta

Jokowi Mudik Lebaran ke Yogyakarta Tahun IniPresiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengaku, dirinya juga akan melaksanakan salat Idulfitri di Yogyakarta. Meski demikian, dia tidak mengetahui berapa lama akan berada di Yogyakarta selama mudik Lebaran.

"Belum tahu," katanya.

2. Tidak akan laksanakan halal bihalal

Jokowi Mudik Lebaran ke Yogyakarta Tahun IniPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas pada Jumat (23/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, mantan Gubernur DKI Jakarta ini memastikan tidak akan menggelar halal bihalal. Sebab, acara tersebut dapat mengundang banyak orang. Sementara, Indonesia saat ini masih dalam pandemik COVID-19.

"Gak, seperti yang sudah saya sampaikan, halal bihalal terutama yang menyangkut kerumumnan orang banyak, pemerintah ajak sebaiknya tidak, utamanya untuk para pejabat," katanya,

3. Pemerintah imbau halal bihalal Lebaran tanpa makan dan minum

Jokowi Mudik Lebaran ke Yogyakarta Tahun IniIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sebelumnya, Menteri Koordiantor Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), Airlangga Hartarto, meminta kepada masyarakat yang akan menggelar halal bihalal pada Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah untuk tetap disipli protokol kesehatan.

Dia juga mengimbau kepada penyelenggara halal bihalal untuk tidak menyediakan makanan dan minuman.

"Bapak Presiden memberikan catatan terkait dengan kegiatan-kegiatan menjelang halal bihalal nanti, terutama untuk kegiatan halal bihalal diselenggaran dengan protokol kesehatan dan diimbau tidak ada makan dan minum," ujar Airlangga dalam konferensi pers virtual, Senin (18/4/2022).

"Dan makan minum pun harus sesuai jarak dan tempat, kemudian yang terkait dengan kegiatan di tempat hiburan atau di tempat keramaian ini dilakukan sesuai protokol kesehatan dan sesuai kapasitas," sambungnya.

Airlangga mengatakan, aturan rincinya akan dibuat melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri yang akan segera keluar.

Baca Juga: Jokowi: Semua Mau Mudik Lebaran, Persiapan Harus Ekstra

Topik:

  • Vanny El Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya