Yenny Wahid:  Perempuan Punya Hak Tentukan Kebijakan Negara

Ungkap tantangan terjun di dunia politik

Jakarta, IDN Times - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid, Yenny Wahid membeberkan sulitnya menjadi politisi perempuan. Sebab, perempuan memiliki dua beban, harus berkarier dan tetap memikirkan pekerjaan rumah serta menjaga anak.

Yenny kemudian mencontohkan, ketika ada suami istri yang sama-sama politikus ketika ada kegiatan konsolidasi, tapi mendadak anaknya sakit, sang istri yang lebih dulu berinisiatif membatalkan agenda tersebut.

Hal itu Yenny sampaikan di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 dengan topik Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Womens Lived Experience.

"Tapi kalau laki-laki itu berpikir, ada ibunya di rumah, dan lebih mudah mengambil keputusan," ujar Yenny di Senayan Park, Jakarta, Minggu (26/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Yenny juga mengapresiasi aturan di Indonesia yang menyebutkan keterwakilan perempuan di DPR harus 30 persen. Menurutnya, itu menjadi jalan bagi perempuan untuk maju sebagai pemimpin.

"Indonesia jauh lebih maju, kita punya banyak kuota, ini harus dipertahankan, kalau gak dinaikkan," kata dia.

Selain itu, dia juga mengajak masyarakat pada Pemilu 2024 untuk memilih capres yang menyediakan kuota bagi perempuan di kabinet yang akan dipimpinnya.

Meski demikian, Yenny juga mendorong kaum perempuan untuk ada niat maju dan menjadi pemimpin. Tanpa ada niat, kata Yenny, perempuan tak akan bisa maju.

Lebih lanjut, Yenny juga menyampaikan data survei, ketika perempuan duduk level pemimpin di perusahaan, rata-rata pendapatan perusahaan akan naik.

"Tapi, perempuan harus percaya dulu, kita bisa, kita punya hak untuk menentukan kebijakan negara kita," ujar dia.

Diketahui, IDN Media menggelar IMGS 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 sampai 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Yenny Wahid Beberkan Beratnya Tantangan Perempuan di Dunia Politik

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya