Yenny Wahid Beberkan Beratnya Tantangan Perempuan di Dunia Politik

Perempuan hadapi beban ganda ungkap Yenny di IMGS 2023

Jakarta, IDN Times - Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid, mengungkap sejumlah tantangan perempuan untuk aktif dan berkembang di dunia politik.

Menurut Yenny, penyebab terhambatnya perempuan di perpolitikan Indonesia karena faktor internal dan eksternal.

Dia menjelaskan, hambatan eksternal itu disebabkan munculnya persepsi negatif dari masyarakat terhadap potensi perempuan.

"Eksternal itu masih ada norma, masih ada aturan dan kultur yang seolah-olah melihat perempuan sebelah mata bahwa seolah-olah perempuan berada di dapur, sumur, dan kasur. Perempuan tidak layak jadi pemimpin bahkan ada doktrin yang menyatakan bahwa masyarakat yang dipimpin perempuan pasti akan hancur, masih ada seperti itu," kata Yenny di acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit (IMGS) 2023 by IDN Media bertajuk Feminine Narratives Unveiled: Authentic Conversations on Womens Lived Experience di Dome Senayan Park, Jakarta Pusat, Minggu (24/11/2023).

Sementara, kata Yenny, hambatan internal perempuan untuk berkembang yakni banyaknya beban yang diemban. Banyak juga perempuan yang tidak percaya diri untuk menduduki posisi dan jabatan tertentu.

"Masih ada hambatan internal di antaranya perempuan merasa tidak mampu untuk berada di posisi tertentu. Tidak punya kemampuan, itu di satu sisi memang perempuan membawa beban yang lebih berat daripada laki-laki, itu yang dinamakan beban ganda," ucap dia.

"Bahwa urusan anak keluarga di rumah masih urusannya perempuan, sehingga ketika di masyarakat seperti Indonesia yang relatif lebih terbuka untuk menerima perempuan aktif di luar rumah, beban kerjanya tetap ada," lanjut Yenny.

Diketahui, IDN Media menggelar IMGS 2023, sebuah konferensi independen yang khusus diselenggarakan untuk dan melibatkan generasi Milenial dan Gen Z di Tanah Air. Dengan tema Purposeful Progress, IMGS 2023 bertujuan membentuk dan membangun masa depan Indonesia dengan menyatukan para pemimpin dan tokoh nasional dari seluruh nusantara.

IMGS 2023 diadakan pada 24 sampai 26 November 2023 di Pulau Satu dan Dome Senayan Park, Jakarta. Dalam IMGS 2023, IDN Media juga meluncurkan Indonesia Millennial and Gen-Z Report 2024.

Survei ini dikerjakan oleh IDN Research Institute bekerja sama dengan Advisia sebagai Research Partner. Melalui survei ini, IDN Media menggali aspirasi dan DNA Milenial dan Gen Z Indonesia.

Baca Juga: Yenny Wahid Jadi Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya