Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di Sebaru

188 ABK World Dream telah kembali ke daerahnya masing-masing

Jakarta, IDN Times - Anak Buah Kapal (ABK) World Dream tiba di Jakarta, Sabtu (14/3). Sebanyak 188 ABK akhirnya keluar dari masa observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

Dari 188 ABK World Dream itu, 172 orang merupakan pria dan 16 orang perempuan. Mereka terlihat gembira dan kompak saat tiba di Pelabuhan Kolinlamil, Jakarta Utara.

"Kita bahagia semuanya karena kita bisa pulang dan kita semua sehat. Kita gak tahu kedepannya yang penting kita pulang, kita bisa ketemu keluarga dulu," kata Vidia, salah satu ABK World Dream asal Kediri saat ditemui di Pelabuhan Kolinlamil.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes: 188 ABK World Dream Dijadikan Duta Imunitas

1. Semua ABK dinyatakan sehat dan diberikan sertifikat sehat oleh Kemenkes

Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di SebaruPenyerahan sertifikat sehat oleh Kemenkes (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Semua ABK dinyatakan sehat dan siap kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Deputi Bidang Koordinasi Kerawanan Sosial dan Dampak Bencana Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Dody Usodo, lewat keterangan tertulis mengatakan, seluruh ABK dinyatakan sehat, dan telah diberikan sertifikat sehat.

Rencananya pemerintah akan memulangkan rombongan kru kapal pesiar tersebut ke daerah asal mereka masing-masing. 

2. Kemenkes sematkan Duta Imunitas kepada para ABK

Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di Sebaru(IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Sementara Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengapresiasi usaha para ABK dalam menjalani proses observasi selama 14 hari di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.

“Kalian berhasil melawan masa sulit di World Dream bersama dengan 8 penderita di Hong Kong. Oleh karena itu, Anda-Anda merupakan Duta Imunitas Corona,” kata Kemenkes di depan 188 ABK di Pelabuhan Kolinlamil.

Baca Juga: [BREAKING] Menkes: 188 ABK World Dream Dijadikan Duta Imunitas

3. Menkes minta para ABK membagikan tips menjaga imunitas

Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di Sebaru(IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Menkes mengimbau para ABK agar mereka bisa membagikan tips menjaga imunitas setibanya di daerah masing-masing. Menkes percaya mereka orang-orang yang kuat dan sehat sehingga bisa menularkan ilmu kepada yang lain agar terhindar dari wabah virus corona.

“Kembalinya nanti bertemu keluarga dan teman-teman kalian harus berbagi tip agar menjaga imunitas kalian dengan baik. Bagaimana kalian melayani orang sakit selama di kapal, tapi kalian tetap sehat,” ujarnya.

4. Para ABK terlihat gembira dan sudah kembali ke daerahnya menggunakan 5 bus

Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di SebaruABK World Dream menuju bus untuk kembali ke daerahnya masing-masing (IDN Times/Muhammad Imam Birawa)

Terlihat wajah gembira dari para ABK saat mengikuti upacara di Pelabuhan Kolinlamil.

“Wajah adik-adik kita dengan sorot mata kegembiraan. Ini menandakan mereka dalam keadaan sehat walafiat, betul?” ujar Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono.

“Betul,” 188 ABK menjawab dengan kompak.

Para ABK World Dream kini telah dikembalikan ke pemerintah daerah masing-masing. Sebanyak 5 bus dikerahkan untuk mengangkut ABK menuju daerahnya.

5. Besok 68 ABK lainnya akan tiba di Pelabuhan Kolinlamil

Raut Bahagia 188 ABK World Dream Usai Diobservasi 14 Hari di SebaruPanglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan I Laksamana Madya Yudo Margono (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dikabarkan besok sebanyak 68 orang akan menyusul 188 ABK, yang hari ini telah dikembalikan ke pemerintah daerah asalnya.

"Besok akan kita laksanakan kembali untuk rekan-rekan kita Sebaru 68. Waktunya akan sama dan prosesinya juga sama seperti saat ini sambil menunggu perintah lebih lanjut dari pemerintah," lanjut Yudo Margono.

Baca Juga: [BREAKING] 188 ABK World Dream Tiba di Jakarta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya