Terima Panji Tribata Polri, Idham Azis: Saya akan Wakafkan Diri 

Idham berjanji akan bekerja sama dengan TNI

Depok, IDN Times - Mantan Kapolri Jenderal Purnawirawan Tito Karnavian menyerahkan panji tribrata Polri kepada Kapolri Jenderal Idham Azis. Dalam sambutannya, Idham mengatakan dirinya berjanji akan mewakafkan diri untuk memimpin Polri dan melanjutkan program Kapolri sebelumnya.

"Pagi ini kita bisa laksanakan prosesi tradisi di Polri yaitu serah panji-panji tribrata Polri, upacara ini simbol beralihnya estafet kepemimpinan. Amanah ini tanggung jawab dan saya akan wakafkan diri saya ke depan untuk beri yang terbaik pada institusi Polri," kata Idham saat memberi sambutan di hadapan personel TNI dan Polri.

Dia juga mengatakan akan bersama TNI mengawal NKRI. "Saya akan lanjutkan seluruh program yang dicanangkan Pak Kapolri sebelumnya dan saya mantapkan soliditas TNI Polri sebagai bagian pilar NKRI yang telah mengkristal untuk mengawal NKRI ini," kata Idham.

Idham juga meminta doa restu dan bantuan seluruh pihak yang dalam menjalankan kepemimpinan. Dia juga mengucapkan selamat kepada Tito yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Saya sadar betul tanpa bantuan bapak ibu tidak mungkin polisi bisa jalan sendiri, kepada pak Mendagri kami ucapkan selamat bertugas di tempat yang baru, Institusi Polri akan backup bapak seluruhnya, akan beri pengamanan bapak dimanapun berada," kata Idham.

Dalam kesempatan itu, Jenderal (Purn) Muhammad Tito Karnavian menyerahkan bendera panji tribrata Polri diserahkan dari Tito kepada Idham menjadi simbol pergantian orang tertinggi di Polri. Tito juga menitipkan tugas-tugas yang belum selesai kepada Idham.

Upacara serah terima panji tribrata Polri dilaksanakan di lapangan Mako Brimob, Cimanggis, Depok, Rabu (6/11), mulai pukul 07.40 WIB. Sejumlah pejabat negara terlihat hadir dalam acara tersebut, di antaranya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakapolri Komjen Ari Dono, Ketua MPR RI Bambang Seosatyo, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Baca Juga: Sertijab Kapolri, Tito Ingatkan Penanganan Pilkada 2020

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya