Diprediksi Sebanyak 13-14 ribu Kendaraan Tinggalkan Kota Palembang 

13 mobil derek disiagakan antisipasi kendaraan rusak

Palembang, IDN Times - Lonjakan kendaraan yang keluar wilayah Palembang Sumatera Selatan meningkat sebanyak 13 ribu kendaraan per harinya. Hal itu dilihat dari ramainya kendaraan yang meninggalkan tol Palembang-Indralaya (Palindra) sejak H-10 lebaran lalu hingga H-7.

Baca Juga: Sudah 556.727 Orang Mudik ke Sumatera Melalui Merak

1. Volume kendaraan tinggalkan Palembang meningkat

Diprediksi Sebanyak 13-14 ribu Kendaraan Tinggalkan Kota Palembang IDN Times/Rangga Erfizal

Menurut Kepala Cabang Operasional Tol Palindra, Darman Edison, keluarnya kendaraan dari Palembang dilihat dari statistik jumlah kendaraan yang meningkat sebanyak 20 persen dari hari biasa.

"Jadi sudah ada peningkatan sekitar 20 persen, di mana rata-rata volume kendaraan biasanya 11 ribuan, kini sudah mencapai 13 ribuan per hari," kata Darman, Kamis (30/5).

2. H-4 diprediksi menjadi puncak arus mudik di Palembang

Diprediksi Sebanyak 13-14 ribu Kendaraan Tinggalkan Kota Palembang Dok.IDN Times/Istimewa

Peningkatan kendaraan meningalkan kota Palembang banyak yang mengarah ke kabupaten lain di Sumatera Selatan maupun ke arah Provinsi Lampung. Darman memprediksi puncak arus mudik sendiri baru akan terjadi pada Sabtu, 1 Juni 2019 atau H-4 lebaran.

"Saat puncak arus mudik sendiri jumlah kendaraan yang akan melintasi Tol Palindra diprediksi mencapai 14 ribu kendaraan per hari," kata dia.

3. 13 mobil derek disiapkan

Diprediksi Sebanyak 13-14 ribu Kendaraan Tinggalkan Kota Palembang IDN Times/Rangga Erfizal

Sementara, untuk menyiagakan arus mudik pihak pemerintah provinsi Sumatera Selatan menyiagakan 13 derek guna mengantisipasi kemacetan di jalan lintas.

"13 mobil derek itu ditempatkan di berbagai kabupaten/kota di Sumsel. Mereka akan selalu standby selama arus mudik," ujar Sekda Provinsi Sumatera Selatan, Nasrun Umar.

Menurutnya, lonjakan pemudik akan diperkirakan meningkat 8-10 persen pada H-5 sampai H+3 setelah lebaran, baik itu di terminal, stasiun, maupun bandara. Pihaknya mengimbau para pemudik untuk berhati-hati dengan cuaca buruk yang terjadi selama perjalanan.

"Para pemudik juga harus mengantisipasi kecelakaan akibat cuaca buruk, seperti jalan menjadi licin, tanah longsor. Saya sangat mengharapkan kepada seluruh jajaran Dinas Perhubungan dan instansi terkait lainnya untuk sungguh-sungguh melaksanakan tugas yang mulia ini sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing," ujar dia.

Baca Juga: 750 ribu Kendaraan Tinggalkan Jakarta Sampai H-4 Lebaran 2019

Topik:

  • Elfida

Berita Terkini Lainnya