Aceh Perketat Wilayah Perairan Antisipasi Eksodus Warga India ke RI

Kasus COVID-19 meledak, WN India eksodus ke Indonesia

Aceh Timur, IDN Times - Cegah masuknya warga negara asing asal India melalui jalur laut, Kepolisian Resor Aceh Timur memperketat penjagaan wilayah dengan melakukan patroli di perairan Aceh Timur.

Tindakan itu dilakukan mengingat situasi dan kasus pandemik di negara tersebut melonjak tajam dengan varian baru COVID-19 yang bisa membuat penularan lebih cepat dalam beberapa hari terakhir.

Selain itu, dikabarkan bahwa banyak warga negara asal negara tersebut melakukan eksodus ke luar negeri, termasuk ke wilayah Indonesia.

“Informasi yang kami terima ada eksodus dari India menuju Indonesia,” kata Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur, Ajun Komisaris Besar Polisi Eko Widiantoro, pada Minggu (25/4/2021).

1. Mengerahkan personel untuk memantau dermaga maupun pelabuhan

Aceh Perketat Wilayah Perairan Antisipasi Eksodus Warga India ke RIIlustrasi kapal patroli (Dok. IDN Times/Istimewa)

Mengantisipasi masuknya warga negara asing asal India, Eko mengatakan telah memerintahkan Satuan Polisi Perairan dan Udara (Sat Pol Airud), Satuan Sabhara dan kepolisian sektor (Polsek) yang memiliki wilayah perairan untuk melaksanakan patroli secara intensif baik siang maupun malam ke sejumlah dermaga maupun pelabuhan.

“Karena itu kami memerintahkan Sat Pol Airud, Sabhara dan polsek yang memiliki wilayah perairan untuk melakukan pemantauan secara ketat,” ujarnya.

Baca Juga: [BREAKING] 12 Warga India yang datang ke Indonesia Positif COVID-19

2. Patroli juga memantau aktivitas kejahatan melalui jalur laut

Aceh Perketat Wilayah Perairan Antisipasi Eksodus Warga India ke RIPol Airud Polres Aceh Timur saat melakukan patroli di perairan Aceh Timur guna mencegah masuknya eksodus asal India (IDN Times/Istimewa)

Tidak hanya memantau keberadaan warga negara asing, patroli secara intensif ke dermaga maupun pelabuhan juga dilakukan sebagai antisipasi adanya tindak kejahatan lain berupa penyelundupan barang-barang terlarang.

Hal itu berkaca dari beberapa pengungkapan tindakpidana penyalahgunaan narkotika yang pernah ditindak pihak kepolisian, Badan Narkotika Nasional maupun bea cukai.

“Kebanyakan narkotika jenis sabu diselundupkan dari luar negeri melalui jalur laut,” ujar Eko.

3. Peran para nelayan juga dibutuhkan dalam mencegah masuknya warga negara asing

Aceh Perketat Wilayah Perairan Antisipasi Eksodus Warga India ke RIIlustrasi. Nelayan di Kabupaten Tangerang terdampak wabah COVID-19 (ANTARA FOTO/Fauzan)

Demi memastikan warga negara asing asal India tidak masuk ke wilayah perairan di Aceh Timur, pihak kepolisian mengajak para nelayan untuk berperan ikut memantau keberadaan para eksodus.

“Bila menemukan di perairan wilayah hukum Polres Aceh Timur diminta untuk segera melapor kepada kami atau instansi terkait agar diambil langkah penanganan,” imbaunya.

“Kegiatan patroli ini akan terus kita lakukan sekaligus untuk memantau perkembangan situasi saat ini,” imbuh Eko.

Baca Juga: Duh, Kasus COVID-19 di India Bertambah 2 Juta dalam Seminggu!

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya