[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang Imlek

Jatuh bangun dari tiang saat latihan!

Banda Aceh, IDN Times - Remaja laki-laki itu begitu energik menggebuk tambur dengan dua stik tebal yang ada di tangannya. Menikmati. Sesekali ia menoleh ke kiri dan kanan. Seolah memastikan setiap ketukan dan mendengar alunan dari sebuah gong (tanpa bulatan kecil) serta bunyi tiga buah simbal yang serentak dimainkan oleh beberapa remaja perempuan.

Mereka adalah Tim Barongsai Golden Dragon Aceh binaan Yayasan HAKKA Aceh yang sedang melakukan latihan di kawasan Gampong Kampung Mulia, Kota Banda Aceh, Aceh. Tentu saja, latihan dengan penuh semangat yang mereka lakukan hanya untuk memeriahkan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili yang akan diperingati pada 25 Mei 2020 mendatang.

Pelatih Barongsai Golden Dragon Aceh, Harianto mengatakan, mereka rencananya akan melakukan penampilan dengan mengitari Kota Banda Aceh.

“Kita dari Barongsai Golden Dragon Aceh ini kita latihan dalam rangka mempersiapkan Hari Imlek tanggal 25 Januari 2020. Kita akan performance keliling Kota Banda Aceh, dengan mempusatkan di Vihara Buddha Sakyamuni Banda Aceh,” kata Harianto, usai latihan, Selasa (21/1) sore.

Harianto atau yang akrab disapa Acong menyampaikan, biasanya memang sudah ada latihan rutin buat anak asuhnya. Namun, dalam sebulan terakhir, mereka mengintensifkan jadwal latihan.

“Kita latihan setiap hari, kalau untuk persiapan kali ini, kita sudah hampir satu bulanan mempersiapkannya secara matang.”

Ingin menunjukkan penampilan yang terbaik sewaktu perayaan Imlek, itulah tujuan Tujuan Barongsai Golden Dragon sehingga begitu giat dan semangat ketika mereka latihan. Nantinya, dalam perayaan pertanggalan etnis Tionghoa tersebut, akan ada dua pemain barongsai lainnya menemani mereka.

“Rencananya kita akan menurunkan tiga, dan di Banda Aceh kita menurunkan yang senior dan dua posisi lagi memperbantukan kawan-kawan dari Sabang,” ujar Harianto.

1. Dua pemain barongsai tampak terjatuh dati tiang-tiang saat melakukan latihan

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekDua pemain barongsai tampak terjatuh dati tiang-tiang saat melakukan latihan.

2. Barongsai saat menunjukkan keahliannya berdiri di atas tiang

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekBarongsai saat menunjukkan keahliannya berdiri di atas tiang (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Cabuli 2 Santri, Pekerja di Pesantren Terancam Hukuman Cambuk

3. Latihan barongsai yang digelar setiap sore, menjadi hiburan bagi warga sekitar

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekLatihan barongsai yang digelar setiap sore, menjadi hiburan bagi warga sekitar (IDN Times/Saifullah)

4. Kekompakan pemain musik pengiring barongsai sangat diperlukan

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekKekompakan pemain musik pengiring barongsai sangat diperlukan (IDN Times/Saifullah)

5. Barongsai Golden Dragon Aceh akan mengelilingi Kota Banda Aceh saat Imlek nanti

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekBarongsai Golden Dragon Aceh akan mengelilingi Kota Banda Aceh saat Imlek nanti (IDN Times/Saifullah)

6. Dua pemain memperlihatkan atraksi berdiri dengan dua kaki di atas tiang

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekDua pemain memperlihatkan atraksi berdiri dengan dua kaki di atas tiang (IDN Times/Saifullah)

7. Menjelang Imlek, mengintensifkan latihan selama satu bulan penuh

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekMenjelang Imlek, mengintensifkan latihan selama satu bulan penuh (IDN Times/Saifullah)

8. Akan menurunkan tiga barongsai di Banda Aceh saat perayaan Imlek

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekAkan menurunkan tiga barongsai di Banda Aceh saat perayaan Imlek (IDN Times/Saifullah)

9. Barongsai tampak bersiap-siap sebelum melakukan atraksinya

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekDua pemain barongsai tampak bersiap-siap sebelum melakukan atraksinya (IDN Times/Saifullah)

10. Tim Barongsai Golden Dragon Aceh merupakan binaan Yayasan HAKKA Aceh yang dibentuk tahun 2011

[FOTO] 10 Potret Barongsai Golden Dragon Aceh Berlatih Jelang ImlekTim Barongsai Golden Dragon Aceh merupakan binaan Yayasan HAKKA Aceh yang dibentuk tahun 2011 (IDN Times/Saifullah)

Baca Juga: Tahun Baru Imlek, Ini 5 Vihara di Sumut yang Paling Ramai Pengunjung

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya