Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut Terjangkit

Anak, saudara ipar, dan mertua, positif COVID-19

Banda Aceh, IDN Times - Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona atau COVID-19 Provinsi Aceh kembali mengumumkan temuan kasus baru warga yang positif terjangkit COVID-19, pada Minggu (14/6).

Ada lima warga dikabarkan terjangkit virus tersebut berdasarkan hasil uji swab tenggorokan yang dilakukan menggunakan metode Reverse Transcriptase-Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) yang dilakukan di laboratorium Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan di Lambaro, Kabupaten Aceh Besar, Aceh.

"Benar, namun untuk informasi lengkapnya hubungi juru bicara (Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Aceh)," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Aceh, Hanief, saat dikonfirmasi, Minggu (14/6) malam.

1. Empat orang merupakan warga Kota Lhokseumawe dan satu dari Kabupaten Aceh Utara

Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut TerjangkitIlustrasi Pasien COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Jose Luis Gonzalez)

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Aceh, Saifullah Abdulgani mengatakan, lima kasus baru COVID-19 yang ditemukan yakni empat dari Kota Lhokseumawe dan satu dari Kabupaten Aceh Utara.

"Dari Kota Lhokseumawe masing-masing berinisial YI (13), MH (14), JH (16), serta SH (63) dan sedangkan SH (45) adalah warga Aceh Utara," kata Saifullah, saat dikonfirmasi terpisah, Minggu (14/6) malam.

Baca Juga: Jatuh di Atap Rumah Warga, Pilot Pesawat Tempur Teriak Minta Tolong

2. Kelimanya saling berhubungan dengan pasangan suami istri yang positif COVID-19 sebelumnya

Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut Terjangkitiadb.org

Lima temuan kasus baru ini merupakan hasil penelusuran petugas terhadap orang kontak dekat dari pasangan suami istri, MS (42) dan Dl ( 41), warga Kota Lhokseumawe yang sebelumnya telah dinyatakan positif COVID-19 pada, Rabu (10/6) lalu.

"Kelima (pasien) terdiri dari anak, saudara ipar, dan mertua dari pasangan suami istri, berinisial MS dan DI, yang sedang diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia, Lhokseumawe," ungkap Saifullah.

Selain kelima pasien, sebelumnya tim telah mengambil sampel swab dari 23 orang yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL. Hasil uji laboratorium, lima orang dikonfirmasikan positif COVID-19.

3. Akan diisolasi ke rumah sakit rujukan di Kota Lhokseumawe

Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut Terjangkitmediaindonesia.com

Usai dinyatakan positif terjangkit COVID-19, kelima pasien langsung dilakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Provinsi Aceh mengatakan, rencananya Senin (15/6) pagi, kelima pasien akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia.

"Kelimanya akan diisolasi di Rumah Sakit Umum Daerah Cut Meutia besok pagi untuk perawatan dan pemantauan lebih lanjut," ujarannya.

4. Pasangan suami istri yang positif COVID-19 kabarnya pernah melakukan perjalanan ke Medan

Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut TerjangkitDok.IDN Times/Istimewa

MS dan DL, pasangan suami istri asal Kota Lhokseumawe yang dinyatakan positif COVID-19 beberapa hari lalu kabarnya pernah melakukan perjalanan ke Kota Medan, Sumatera Utara.

Meskipun demikian, Tim Surveilans Gugus Tugas COVID-19 dikatakan Saifullah, masih menelusuri lebih lanjut riwayat terpaparnya kedua pasien tersebut hingga berlanjut kepada orang terdekatnya.

"Ada informasi MS atau DL pernah ke Medan, namun sedang didalami akurasi informasi itu lebih rinci, seperti waktu pergi dan kembali ke Kota Lhokseumawe," kata Saifullah.

5. Kasus terbanyak dalam sehari di Provinsi Aceh

Suami Istri Positif COVID-19 di Aceh, 5 Keluarganya Ikut TerjangkitANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra

Ditetapkannya lima pasien positif terjangkit COVID-19 yang baru telah menambah jumlah keseluruhan kasus di Provinsi Aceh, yakni menjadi 27 kasus.

Bahkan, berdasarkan penelusuran ke belakang, penambahan lima kasus kali ini merupakan perdana tertinggi untuk kasus yang ditemukan dalam sehari.

Baca Juga: Dua Warga Positif, Kasus COVID-19 Kembali Ditemukan di Aceh

Topik:

  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya