Comscore Tracker

Terungkap, Pelaku Penusuk Ustaz Zaid Ternyata Eks Anggota Polisi

Sudah dipecat sejak tahun 2017 lalu

Aceh Tenggara, IDN Times - Pria berinisial MA, pelaku penusukan ustaz M Zaid Maulana saat memberikan ceramah maulid di Kabupaten Aceh Tenggara akhirnya ditangkap polisi. Ternyata pelaku adalah mantan anggota Polri.

“Saat itu pelaku sempat melarikan diri, tetapi pada pukul 22.45 WIB, anggota sudah berhasil mengamankan pelaku,” kata Kepala Kepolisian Resor Aceh Tenggara, Kapolres Aceh Tenggara AKBP Wanito Eko Sulistiyo, Jumat (30/10/2020).

Ustaz Muhammad Zaid Maulana (36) mendapat penyerangan dari seorang warga saat sedang menyampaikan ceramah dalam acara memperingati maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam di Masjid Al Husna, Gampong Kandang Mbleng Mandiri, Kecamatan Lawe Bulan, Aceh Tenggara, pada Kamis (29/10/2020) malam.

1. Pelaku pernah menjadi anggota polisi, namun dipecat

Terungkap, Pelaku Penusuk Ustaz Zaid Ternyata Eks Anggota PolisiKonferensi pers di Polres Aceh Tenggara terkait kasus penusukan ustaz (IDN Times/Istimewa)

Pelaku berinsial MA, dikatakan Wanito, sebelumnya pernah bertugas sebagai anggota kepolisian. Akibat tidak disiplin dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, pria warga Kecamatan Lawe Bulan itu pun kemudian dipecat pada 2017 lalu.

“(Pelaku merupakan pemecatan polisi) Betul, betul. Dipecat karena tidak masuk dinas. Sebelumnya bertugas di Polres Aceh Tenggara. Dipecatnya tahun 2017,” ungkap Wanito.

Baca Juga: [BREAKING] Lagi Isi Ceramah Maulid, Ustaz Zaid Tiba-tiba Ditusuk 

2. Sulit mendapatkan alasan pelaku melakukan penyerangan

Terungkap, Pelaku Penusuk Ustaz Zaid Ternyata Eks Anggota PolisiMuhammad Zaid Maulana, ustaz di Aceh yang menjadi korban penusukan ketika sedang mengisi ceramah maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam (IDN Times/Istimewa)

MA kini menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Resor Aceh Tenggara untuk dimintai keterangan terkait motifnya melakukan penyerangan terhadap seorang penceramah di malam peringatan maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam di Masjid Al Husna.

Hingga berita ini disiarkan, polisi belum mendapatkan apa latar belakang pelaku coba menusuk ustaz tersebut.

“Sampai sekarang pelaku tidak banyak memberikan keterangan. Penyidik masih intens melakukan pemeriksaan. Belum banyak keterangan,” kata Wanito.

3. Belum diketahui terkait kejiwaan pelaku

Terungkap, Pelaku Penusuk Ustaz Zaid Ternyata Eks Anggota Polisishutterstock

Proses pemeriksaan masih berlangsung. Tak hanya belum menemukan jawaban terkait motif pelaku melakukan penyerangan, polisi juga belum bisa memastikan mengenai kejiwaan dari pria berusia 37 tahun tersebut.

“Belum bisa bisa memberikan komentar yang lain karena pelaku masih dilakukan pemeriksaan sama penyidik,” ujar kepala Kepolisian Resor Aceh Tenggara.

4. Kronologis penusukan ustaz Zaid yang sedang mengisi ceramah maulid nabi

Terungkap, Pelaku Penusuk Ustaz Zaid Ternyata Eks Anggota PolisiMuhammad Zaid Maulana, ustaz di Aceh yang menjadi korban penusukan ketika sedang mengisi ceramah maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam (IDN Times/Istimewa)

Muhammad Zaid Maulana ketika itu diundang untuk mengisi ceramah di Masjid Al Husna, Gampong Kandang Mbleng Mandiri pada Kamis (29/10/2020) malam.

Ketika sedang mengisi ceramah dalam memperingati maulid Nabi Muhammad Shallallahu 'Alaihi Wasallam, sekira pukul 21.30 WIB, datang pelaku, MA, masuk ke dalam masjid dan berupaya melakukan penusukan.

“Waktu kejadian, pelaku masuknya lewat jendela. Sebelumnya dia di luar,” kata Wanito.

Usai kejadian tersebut, pelaku kabur, sementara korban yang mengalami luka berat berupa sayatan di bagian tangan langsung dibawa lari ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Satu jam kemudian, pelaku berhasil ditangkap oleh pihak kepolisian. Saat ini pelaku masih melakukan pemerikaan di Polres Aceh Tenggara.

Baca Juga: Begini Kronologis Penusukan Ustaz Zaid saat Sedang Isi Ceramah di Aceh

Topic:

  • Muhammad Saifullah
  • Arifin Al Alamudi

Berita Terkini Lainnya