Comscore Tracker

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit Labels

BTS kini akan saudaraan sama NU’EST & SEVENTEEN!

Pada 25 Mei lalu, Big Hit Entertainment mengonfirmasi bahwa saat ini perusahaan tersebut merupakan pemegang saham terbesar di Pledis Entertainment. Itu berarti sudah jelas bahwa berita tentang Big Hit Entertainment mengakuisisi Pledis Entertainment adalah benar adanya.

Pledis Entertainment sendiri merupakan perusahaan yang didirikan pada tahun 2007 oleh Han Sung-soo. Nama Pledis mulai dikenal karena berhasil melahirkan girl group populer yakni After School, Orange Caramel (sub unit), dan PRISTIN.

Tentu menjadi kabar gembira sebab beberapa bulan yang lalu SEVENTEEN yang notabenenya adalah grup asuhan Pledis sudah dipastikan bergabung ke Weverse (aplikasi khusus untuk komunikasi idol dan penggemar yang dirilis oleh Big Hit).

Diisi oleh sederet idol yang multitalenta, inilah lima grup KPop yang sekarang berada di bawah naungan Big Hit Labels.

1. BTS

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit LabelsFacebook.com/Bangtan.official

Menjadi grup KPop dengan kepopuleran yang sangat mendunia, siapa sangka jika BTS berasal dari agensi kecil? Ya, sebelum Big Hit menjadi salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan, Big Hit dulunya serba kekurangan dalam mempromosikan artisnya.

Namun, berkat strategi marketing yang baik dan juga kegigihan BTS, Big Hit kini mampu menyaingi agensi-agensi besar yang sudah mempunyai pamor di jagad per-KPop-an.

Mulai dari awal debut hingga sekarang, BTS lebih aktif dipromosikan melalui SNS dan acara-acara independen yang dirancang oleh Big Hit Entertainment. Grup beranggotakan tujuh orang yang debut pada tahun 2013 tersebut baru mulai populer pada sekitar tahun 2015. Nama mereka kian membesar sejak saat itu, dan sebagai akibatnya mereka kerap dipercaya untuk menjadi duta besar dari sebuah organisasi dalam negeri maupun luar negeri.

2. NU’EST

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit LabelsTwitter.com/NUESTNEWS

Hanya selisih satu tahun dari BTS, NU’EST pun bukan nama baru lagi di dunia KPop. Grup yang didebutkan oleh Pledis Entertainment pada 2012 ini sempat dipandang sebelah mata ketika baru mulai meniti karier. Sama seperti BTS, NU’EST sebenarnya lebih aktif berpromosi di pasar internasional dan tidak terlalu miskin prestasi.

Mereka sangat produktif dan memiliki warna musik tersendiri, hanya saja, bakat grup ini baru diakui secara besar-besaran setelah keterlibatan empat membernya di program survival Produce 101 Season 2 pada tahun 2017.

Walau hanya Minhyun yang berhasil melakukan re-debut melalui acara itu, member yang lain pun turut terkena dampak positifnya. Kini, tanpa disangka-sangka, peran mereka di dunia KPop selalu diperhitungkan oleh masyarakat.

Baca Juga: Ultah Agensi, Berikut 9 Potret Kebersamaan Artis Big Hit Entertainment

3. SEVENTEEN

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit LabelsTwitter.com/pledis_17

SEVENTEEN merupakan adik dari NU’EST karena sama-sama dinaungi oleh Pledis Entertainment. Walau tak serumit grup seniornya, perjalanan karier SEVENTEEN nyatanya juga tidak langsung lancar begitu saja. Grup ini sudah diperkenalkan sejak tahun 2013 lewat project SEVENTEEN TV namun baru didebutkan pada tahun 2015.

Para member SEVENTEEN bahkan sudah mengenal NU’EST karena sebenarnya mereka dijanjikan untuk debut satu tahun setelah NU’EST. Beberapa anggota yang direncanakan untuk debut di grup tersebut terpaksa memilih hengkang karena lamanya waktu yang dibutuhkan oleh Pledis saat itu.

Setelah penantian lama, debut SEVENTEEN pun disambut dengan baik oleh para fans. Grup yang digawangi oleh S.Coups dkk ini mendapat kepopuleran yang luar biasa karena mampu memproduksi musik sendiri terlepas dari status mereka yang masih rookie.

Saking populernya, mereka bahkan disebut-sebut sebagai grup yang bisa menyaingi BTS dan EXO, lho! Namun siapa yang akan mengira, kini SEVENTEEN malah berada di atap yang sama dengan BTS!

4. GFriend

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit LabelsM.post.naver.com

Berikutnya, ada GFriend yang dinaungi oleh Source Music. Grup yang debut pada tahun 2015 itu menjadi satu-satunya girl group dalam daftar ini. Hampir serupa dengan tiga grup sebelumnya, GFriend pun sukses dikenal sebagai grup yang berprestasi walau berasal dari agensi kecil.

GFriend sudah mengukir prestasi sejak awal debut, termasuk dengan dianugerahi rookie awards dari beberapa acara penghargaan. Nama mereka semakin terkenal pada tahun 2016 yakni lewat lagu Rough dan Navillera.

Sebelum Pledis, Source Music selaku agensi GFriend sudah lebih dulu diakuisisi oleh Big Hit pada Juli 2019 kemarin. Agensi hiburan ini didirikan oleh So Sung-jin pada tahun 2009.

5. TXT

Makin Ramai, Ini 5 Grup KPop yang Kini Dinaungi Oleh Big Hit LabelsFacebook.com/TXT.bighit

Terakhir, ada yang masih tergolong sebagai pendatang baru yakni Tomorrow X Together alias TXT. TXT adalah grup kedua yang didebutkan oleh Big Hit Entertainment setelah enam tahun mengasuh BTS.

Prestasi TXT yang baru debut pada 4 Maret 2019 ini tak main-main. Walau mengalami banyak tekanan karena  sering diberi cap “adik BTS”, mereka nyatanya bisa meraih kepopuleran dengan cara mereka sendiri. Mereka bahkan memborong sederet penghargaan rookie dalam kurun waktu satu tahun belakangan, lho! Keren!

Itulah lima grup yang kini dinaungi oleh Big Hit Labels. Baik Big Hit Entertainment, Source Music, maupun Pledis Entertainment, ketiganya merupakan agensi hiburan kecil yang memulai semuanya dari nol.

Kini, ketiganya menjadi agensi ternama di industri KPop dan makin kokoh karena ketiganya bergabung dalam satu manajemen. Sukses selalu ya untuk kelima grup yang menjadi bagian dari tiga perusahaan tersebut!

Baca Juga: 6 Lagu yang Membahas Sisi Kelam Bagi Idol KPop, Kamu Menyadari? 

Muna Waroh Photo Verified Writer Muna Waroh

Just a fangirl

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya