Dorong Produksi Energi Terbarukan, Pertamina Fasilitasi Bank Sampah

Bangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah

Jakarta, IDN Times - Pertamina melalui Program CSR memfasilitasi bank sampah yang menjadi mitra binaannya untuk mengolah sampah menjadi energi terbarukan. Tak hanya itu, Pertamina juga menggandeng PT Pegadaian yang sama-sama memiliki mitra binaan Bank Sampah untuk mendorong produksi energi terbarukan yang ramah lingkungan. 

Pjs Vice President Corporate Communication Pertamina Heppy Wulansari mengatakan, sinergi kedua BUMN mengedepankan aspek inklusif dan kolaboratif untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah. 

"Melalui program ini, diharapkan Pertamina dan Pegadaian dapat berkontribusi mendukung pemerintah pada pencapaian SDGs poin 7, yakni energi bersih dan terjangkau, serta poin 8 yakni peningkatan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan," ujar Heppy melalui keterangan resmi yang diterima, Kamis (19/11/2020). 

1. Maksimalkan potensi pengelolaan bank sampah

Dorong Produksi Energi Terbarukan, Pertamina Fasilitasi Bank SampahDok. Pertamina

Selain itu, Heppy juga mengatakan bahwa program memfasilitasi bank sampah juga mendukung SDGs poin 12, yakni konsumsi dan produksi yang bertanggung jawab, serta pencapaian SDGs poin 17, yaitu revitalisasi kemitraan global. 

"Kerja sama ini diharapkan bisa semakin memaksimalkan potensi pengelolaan bank sampah yang dikelola Pertamina maupun Pegadaian," tambahnya. 

Sebagai langkah awal, pada minggu ke-4 Oktober 2020 telah dilaksanakan knowledge sharing antara Bank Sampah KSM Ramah Lingkungan binaan EP Tarakan dan Bank Sampah Panggungharjo Yogyakarta binaan Pegadaian. 

Baca Juga: Pertamina Dorong Ekspor Produk Pelumas dan UMKM Binaan ke Australia

2. Bagikan pengalaman mengolah sampah

Dorong Produksi Energi Terbarukan, Pertamina Fasilitasi Bank SampahDok. Pertamina

KSM Ramah Lingkungan menjelaskan perihal pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel dengan menggunakan bioethanol dari ampas buah dan ampas nasi. Produk samping dari pengolahan minyak jelantah menjadi biodiesel ini adalah gliserol yang kemudian bisa diolah menjadi sabun.

Bank Sampah Panggungharjo Yogyakarta juga membagikan pengalaman mereka dalam mengolah sampah menjadi barang-barang kreatif lainnya, seperti tas, vas bunga, kotak tisu, dan lampu hias. 

3. Manfaatkan sampah sebagai salah satu alternatif sumber energi baru terbarukan

Dorong Produksi Energi Terbarukan, Pertamina Fasilitasi Bank SampahHasil tangkapan layar video pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif/RDF (Dok. Kemenko Marves)

Sementara itu, Anwar selaku pengelola KSM Ramah Lingkungan berterima kasih kepada Pertamina dan Pegadaian yang menggagas kegiatan memfasilitasi bank sampah sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman mereka selaku pengelola bank sampah untuk mencari alternatif lain dalam pengelolaan sampah. 

Pengelola Bank Sampah Panggungharjo, Eko, juga mengatakan hal yang senada dengan Anwar. Menurutnya, program tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat untuk lebih terpacu memanfaatkan sampah sebagai salah satu alternatif sumber energi baru terbarukan. (CSC)

Baca Juga: Bisnisnya Meroket saat Pandemik, Begini Kisah Mitra Binaan Pertamina 

Topik:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya