Lewat Website, Kini Masyarakat Bisa Akses Informasi soal Pertamina  

Website itu bentuk transparansi dan keterbukaan informasi

Jakarta, IDN Times – Kini masyarakat bisa mengakses informasi mengenai Pertamina secara digital lewat website. Hal tersebut bentuk transparansi dan keterbukaan informasi kepada masyarakat sebagai Badan Usaha Milik Negara.

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, kebijakan transparansi tersebut merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam menjalankan bentuk transparansi informasi kepada publik sesuai dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Lewat laman eppid.pertamina.com, masyarakat bisa mengakses beragam informasi mengenai Pertamina.

1. Berbagai informasi soal Pertamina bisa masyarakat akses melalui eppid.pertamina.com

Lewat Website, Kini Masyarakat Bisa Akses Informasi soal Pertamina  idcloudhost.com

Saat membuka laman tersebut, kata Fajriyah, masyarakat akan ditampilkan halaman yang memuat beberapa kanal informasi, seperti profil perusahaan, regulasi, informasi publik, standar layanan, laporan, dan FAQ. Untuk mengakses informasi layanan publik, masyarakat diminta untuk melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara mendaftarkan alamat email dan nama pengguna agar informasi yang dikelola bisa terjalin secara dua arah.

“Masyarakat nanti bisa mencari informasi yang beragam, mulai dari informasi ketersediaan BBM, LPG, pelumas, informasi mengenai fasilitas dan layanan SPBU, informasi penyaluran BBM bersubsidi, hingga informasi program promo,” tutur Fajriyah.

2. Informasi soal kegiatan Pertamina juga dapat masyarakat akses melalui laman tersebut

Lewat Website, Kini Masyarakat Bisa Akses Informasi soal Pertamina  IDN Times/Pertamina

Fajriyah mengatakan, lewat laman tersebut, Pertamina menyampaikan informasi secara berkala, serta-merta, dan tersedia setiap saat. 

“Kita juga menampilkan pembaruan pemberitaan mengenai kegiatan Pertamina, termasuk informasi mengenai penyesuaian harga BBM dan LPG,” kata Fajriyah.

Salah satu informasi yang bisa diakses oleh publik, yakni pengadaan minyak mentah, pengadaan produk, hingga pengadaan kapal. 

3. Melalui layanan informasi ini, Pertamina berharap dapat meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik

Lewat Website, Kini Masyarakat Bisa Akses Informasi soal Pertamina  IDN Times/Pertamina

Fajriyah mengatakan, pengadaan di Pertamina selama ini, seperti minyak mentah, produk, dan kapal dilakukan secara terbuka karena merupakan persyaratan untuk pengadaan. Kegiatan pengadaannya sendiri dilakukan langsung oleh fungsi internal Pertamina, yaitu Integrated Supply Chain dan Procurement Excellence Center.

“Transparansi tersebut kini semakin meningkat dengan adanya informasi mengenai kapal-kapal yang telah disewa, lalu informasi mengenai jumlah dan sumber impor minyak mentah dan produk BBM yang pernah dilakukan, jumlah kuota BBM subsidi, dan BBM penugasan, beserta realisasi kuota per kota/kabupaten setiap bulannya,” tutur Fajriyah.

Tidak hanya itu, Pertamina juga terbuka untuk menerima masukan dari berbagai pihak dan berharap masyarakat dapat ikut mengawasi pengelolaan migas agar Pertamina sebagai BUMN dapat menjalankan tugasnya mengelola dan melayani penyediaan energi kepada masyarakat secara akuntabel dan transparan.

“Dengan segala upaya transparansi ini, Pertamina berharap semakin meningkatkan kepercayaan dan dukungan publik terhadap Pertamina sehingga pelayanan optimal Pertamina dapat terus dirasakan masyarakat di Indonesia” kata Fajriyah.

Topik:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya