Pemprov DKI Canangkan Kantin Sehat di Sekolah, Bisa Diakses di  JAKI

Jajanan di sekolah harus sehat dan bebas dari zat berbahaya

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencanangkan Sekolah Kantin Sehat di Sekolah Dasar (SDN) Kapuk Muara 03, Penjaringan, Jakarta Utara. Pencanangan tersebut digelar dalam rangka melindungi dan mewujudkan kebutuhan gizi yang cukup bagi pelajar.

Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, mengatakan sertifikasi ini merupakan komitmen dari Pemprov DKI Jakarta yang memastikan jajanan sehat dan bebas dari zat-zat berbahaya bagi pelajar.

Hal ini, kata Heru, sebagai komitmen seluruh kolaborator di Jakarta untuk mempromosikan akses dan kebiasaan pangan yang baik di semua tempat bagi pelajar.

“Kesehatan pelajar di lingkungan sekolah merupakan tanggung jawab kita bersama. Ini merupakan tugas kita untuk melakukan pengawasan dan pembinaan agar lingkungan sekolah aman bagi pelajar," ujar Heru saat ditemui di SDN Kapuk Muara 03, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu ( 14/12/2022).

"Sehingga penyuluhan keamanan pangan kepada penjamah pangan pangan sekolah, pemeriksaan kesehatan lingkungan, dan pemeriksaan pangan patut diupayakan bersama dalam proses pencanangan kantin sehat di setiap sekolah,” sambungnya. 

Baca Juga: Pengawasan Kantin Sekolah, KPAI Temukan Tidak Ada Jual Sayur dan Buah

1. Apresiasi Pj Gubernur Heru kepada pihak terkait

Pemprov DKI Canangkan Kantin Sehat di Sekolah, Bisa Diakses di  JAKIHeru Budi Hartono (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Terkait hal ini, Heru mengapresiasi Walikota Jakarta Utara, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, karena saling memastikan jajanan dan makanan yang sehat, serta bebas dari zat-zat berbahaya untuk pelajar.

Tindakan yang dimaksud melalui Percepatan Sertifikasi Kantin Sehat dan Pemberdayaan Duta Pangan Sekolah, di lingkungan sekolah daerah Jakarta Utara.

2. Data kantin sehat dapat diakses melalui JAKI

Pemprov DKI Canangkan Kantin Sehat di Sekolah, Bisa Diakses di  JAKIAplikasi Jaki (IDN Times/Besse Fadhilah)

Heru meminta jajarannya agar semua data dari kantin sehat sekolah dapat diakses masyarakat, melalui dan terintegrasi dengan aplikasi JAKI, agar memberikan kepastian keamanan dan jaminan kesehatan pangan di kantin sekolah.

“Kami juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terwujudnya Kantin Sehat Sekolah. Saat ini dimulai dari Jakarta Utara (SDN 03 Kamal Muara). Untuk selanjutnya agar diperluas ke Kota Administrasi dan Kabupaten Administrasi lainnya,” tegasnya.

Baca Juga: PTM 100 Persen, KPAI Minta Sekolah Buka Kantin Sehat 

3. Pangan yang cukup, bergizi dan aman hak setiap manusia

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti menjelaskan pangan yang cukup, bergizi, dan aman adalah hak setiap manusia.

Menurutnya, pangan yang aman terbebas dari cemaran biologi, kimia, dan benda lain yang mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia. Serta tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan masyarakat di sekitar masyarakat untuk hidup sehat, aktif bahkan produktif.

Kurangnya penanganan dan pengawasan keamanan pangan, kata dia, dapat meningkatkan risiko terserang penyakit dan dikhawatirkan dapat mengganggu pertumbuhan serta efektivitas belajar pada anak.

“Kami berusaha melakukan upaya untuk menjaga kualitas pangan di lingkungan sekolah dengan melakukan penyuluhan dan sosialisasi, sehingga terlaksana Kantin Sehat Sekolah, dilanjutkan dengan pembangunan Duta Keamanan Pangan dengan melibatkan semua unsur masyarakat sekolah yang bertugas melakukan pembinaan dan pengawasan kualitas makanan di lingkungan sekolah,” tutupnya.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI Penny Kusumastuti Lukito, Walikota Administrasi Jakarta Utara Ali Maulana Hakim, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah (PPKUKM) Provinsi DKI Elisabeth Ratu Rante Allo, serta Kepala Biro Kesejahteraan Sosial Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Iwan Kurniawan.

Selain itu, Kepala Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Utara Lysbet Regina Pandjaitan, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 1 Kota Administrasi Jakarta UtaraSri Rahayu Asih Subekti, dan Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah 2 Kota Administrasi Jakarta Utara Purwanto.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya