Comscore Tracker

Bantu Palestina, Taqy Malik Salurkan Donasi Rp1 Miliar via PMI

Bantuan tersebut diterima langsung oleh Jusuf Kalla

Jakarta, IDN Times – Selebgram Taqy Malik menyalurkan bantuan senilai Rp1 miliar untuk Palestina pada Senin (24/5/2021). Dana yang dikumpulkan melalui situs urun dana kitabisa.com itu diberikan kepada warga Palestina melalui Palang Merah Indonesia (PMI) pusat.

Menurut press rilis yang diterima IDN Times, dana tersebut diterima langsung oleh ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla (JK).

Baca Juga: Pemerintah RI Akan Kirim Bantuan Rp7,1 Miliar bagi Warga Palestina

1. Konflik Palestina dan Israel

Bantu Palestina, Taqy Malik Salurkan Donasi Rp1 Miliar via PMIGerakan demonstran Palestina yang terluka saat ia dievakuasi selama bentrokan dengan pasukan Israel pada protes atas ketegangan di Yerusalem dan eskalasi Israel-Gaza, dekat pos pemeriksaan Hawara di dekat Nablus di West Bank yang diduduki Israel, Jumat (14/5/2021). ANTARA FOTO/REUTERS/Raneen Sawafta.

Warga Palestina telah menjadi korban dari konflik berkepanjangan yang dimiliki negara itu dengan Israel. Saat ini ada lebih dari dua juta orang Palestina hidup dalam kemiskinan dan terpaksa mengungsi di Gaza karena kehilangan tempat tinggal mereka akibat konflik yang telah berlangsung selama beberapa dekade itu.

Dalam beberapa hari terakhir, ketegangan kedua belah pihak telah meningkat. Di mana serangan militer Israel telah membuat banyak rakyat Palestina kehilangan nyawa dan terluka.

2. Antusiasme masyarakat Indonesia untuk bantu Palestina sangat tinggi

Bantu Palestina, Taqy Malik Salurkan Donasi Rp1 Miliar via PMITaqy Malik dan istri (instagram.com/taqy_malik)

Konflik yang memanas antara Palestina dan Israel itu telah menarik perhatian dunia, termasuk Indonesia.

Taqy Malik mengatakan bahwa masyarakat Indonesia sangat antusias dalam memberikan donasinya kepada warga Gaza Palestina, bahkan sampai menjual harta benda demi dapat berdonasi. Hal ini telah membuat donasi Rp1 miliar yang ditargetkan tercapai dalam kurun waktu 1 minggu, bisa tercapai dalam waktu tidak lebih dari 1 hari.

“Saya sangat terharu karena masyarakat Indonesia ini sangat antusias dalam memberikan donasinya untuk saudara-saudara kita di Gaza Palestina bahkan ada yang sampai menjual mobilnya demi dapat berdonasi. Untuk itu saya juga tidak menyangka yang mana awalnya saya menargetkan Rp1 miliar ini terkumpul dalam waktu 1 minggu, ternyata tercapai dalam waktu kurang dari 1 hari,” ujar Taqy Malik saat menyerahkan donasinya di Markas PMI Pusat Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin.

Baca Juga: Pasangan Idaman! 10 Potret Mesra Taqy Malik dan Sherel Thalib

3. Diapresiasi oleh JK

Bantu Palestina, Taqy Malik Salurkan Donasi Rp1 Miliar via PMIPalang Merah Indonesia (website/pmi.or.id)

JK selaku ketua Umum PMI menyampaikan banyak terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah memberikan donasinya kepada warga Palestina di Gaza. Mantan wakil presiden RI itu juga berjanji akan segera menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia tersebut melalui Bulan Sabit Merah Palestina maupun Palang Merah Internasional.

Ia lebih lanjut mengatakan bahwa Indonesia memegang empat peran untuk membantu warga Palestina, yaitu dengan melakukan 4D atau Donasi, Diplomasi, Demonstrasi dan Doa.

“Saya ucapkan terima kasih atas sumbangan ini, tentu kita akan segera salurkan kepada pihak yang membutuhkan melalui Red Crescent Palestina, juga palang Merah Internasional. Memang untuk saat ini peran strategis Indonesia terkait konflik yang terjadi di Gaza Palestina adalah 4D yaitu Donasi, Diplomasi, Demo dan Doa,” ujar JK.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya