Comscore Tracker

Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19

RS COVID Asrama Haji Pondok Gede sudah beroperasi

Jakarta, IDN Times – Di tengah lonjakan kasus COVID-19 dalam negeri, pemerintah terus menambah rumah sakit (RS) untuk merawat pasien COVID-19. Terbaru, pemerintah menyulap Asrama Haji Pondok Gede Jakarta menjadi RS darurat untuk menangani pasien positif virus corona.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono mengatakan, selain RS Darurat Asrama Haji Pondok Gede, pemerintah juga akan mengalihfungsikan sebagian lantai di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menjadi RS khusus COVID-19.

“Kami, sesuai dengan tugas dan fungsinya, menyiapkan tambahan rumah sakit. Tidak hanya tempat isolasi, tapi rumah sakit,” kata Basuki dalam keterangan pers pada Senin (12/7/2021).

Baca Juga: Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa Dipakai

1. RS COVID Asrama Haji Pondok Gede sudah beroperasi

Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19Ilustrasi (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Menurut penjelasan Basuki, ada lima gedung yang diubah di Asrama Haji Pondok Gede menjadi rumah sakit COVID-19, yaitu gedung A, B, C, H dan gedung D5. Setidaknya ada 774 tempat tidur yang dipakai dari lima gedung tersebut.

“Jadi masing-masing ruangan yang biasanya dipakai empat tempat tidur untuk asrama haji, kita jadikan tiga tempat tidur setiap kamar. Totalnya ada 774 tempat tidur,” jelas Basuki.

Gedung A sudah mulai dioperasikan sejak Sabtu (10/7/2021). Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjelaskan sudah ada 40 pasien yang ditempatkan di sana.

Ia juga menjelaskan bahwa rumah sakit di Asrama Haji ini hanya menerima pasien rujukan dari rumah sakit atau Puskesmas.

“Tidak bisa langsung ke sana tanpa rujukan dari Puskesmas atau rumah sakit, karena ini hanya (untuk pasien dengan gejala) ringan sampai sedang. Di sana tidak ada ICU, yang adanya hanya HCU (high care unit),” ujarnya.

Baca Juga: Resmikan RS COVID Asrama Haji Pondok Gede, Jokowi: Besok Bisa Dipakai

2. Renovasi masih berlangsung di sebagian gedung

Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Asrama Haji sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 Asrama Haji pada Jumat (9/7/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Basuki melanjutkan, renovasi masih terus berlangsung hingga saat ini. Gedung B Asrama Haji Pondok Gede akan selesai pada hari ini dan akan dioperasikan mulai pukul 16.00 WIB. Sedangkan gedung C dan H, akan selesai dan siap dioperasikan pada Selasa (13/7/2021).

“Dan gedung D5 yang agak parah renovasinya, diharapkan akan selesai Kamis nanti siap dioperasikan. Jadi semuanya adalah di Asrama Haji termasuk di gedung D3 dan D4 untuk para nakes,” jelasnya.

Di samping menyiapkan ruangan-ruangan tadi, Basuki juga mengatakan mereka tengah memasang tangki liquid oxygen, yang ditargetkan selesai pemasangan hari ini.

“Mudah-mudahan malam nanti itu sudah selesai. Itu yang di Asrama Haji,” katanya.

3. RS COVID-19 di Pasar Rumput

Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19Presiden Jokowi meresmikan pengoperasian Asrama Haji sebagai Rumah Sakit Darurat COVID-19 Asrama Haji pada Jumat (9/7/2021). (youtube.com/SekretariatPresiden)

Selain di Asrama Haji, pemerintah juga menyiapkan rumah susun Pasar Rumput sebagai RS COVID-19. Basuki mengatakan sudah ada tiga tower yang disiapkan dan sudah ditinjau langsung oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Ia mengatakan dari ketiga tower yang disiapkan, yaitu tower 1, 2 dan 3. Ketiga tower itu berkapasitas 5.952 tempat tidur.

“Tower 1 sudah siap dioperasikan karena semua sudah siap termasuk alkes dan tempat tidurnya,” kata Basuki.

“Kemudian untuk tower 2 dan 3 sudah siap prasarananya. Dari pagi tadi mulai masuk tempat tidurnya dan alkesnya. Untuk itu nanti akan segera kalau memang tower 1 sudah penuh, akan dapat kita operasikan,” imbuhnya.

Menurut Basuki, tower 1 memiliki 689 ruangan dengan total 2.067 tempat tidur. Kemudian tower 2 memiliki 606 unit dengan 1.818 tempat tidur. Sedangkan tower 3 memiliki 689 unit dan 2.067 tempat tidur.

“Yang tower 1 sekali lagi sudah siap dioperasikan sejak hari ini,” tegasnya.

Baca Juga: Kemenkes Tambah 100 Tempat Tidur COVID-19 di RSCM untuk Antisipasi

4. Sejumlah lantai di RSCM disulap jadi RS COVID

Selain Asrama Haji, Pemerintah Akan Sulap RSCM Jadi RS COVID-19RSUP Nasional Cipto Mangunkusumo (RSCM) (Instagram.com/rscm.official)

Dalam kesempatan itu, Basuki juga mengatakan Menteri Kesehatan telah menugaskan untuk menyiapkan sejumlah lantai di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) sebagai RS COVID.

“Yaitu di lantai 3, 4 dan 5. Serta lantai 8, 9, dan 10 dengan total 304 tempat tidur nantinya,” ujarnya.

Namun, ia mengatakan renovasi di RSCM agak berat karena masih memiliki banyak kekurangan. Meski begitu, Basuki optimistis RS COVID ini akan selesai dan siap dioperasikan paling lambat tiga minggu ke depan.

“Siang ini jam 14.00 kami bersama dengan direktur RSCM dan Dirjen pelayanan medis di kementerian kesehatan bertemu untuk memfinalkan desainnya karena ini tadinya rumah sakit anak akan kita desain menjadi rumah sakit COVID,” kata Basuki.

“Insya Allah nanti malam atau besok pagi sudah mulai bekerja dan paling lambat tiga minggu akan bisa kita manfaatkan atau kita siapkan untuk rumah sakit COVID,” lanjut Basuki, sebelum menambahkan bahwa rumah sakit lapangan di daerah-daerah juga akan disiapkan sesuai dengan perintah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Kemenkes.

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya