Comscore Tracker

Sembuh dari COVID-19, Dino Patti Djalal: Pura-Pura Ada Serial Killer

Dino sempat dirawat di ICU akibat COVID-19

Jakarta, IDN Times – Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal telah sembuh dari COVID-19. Ia sempat dilarikan ke ICU karena penyakit tersebut. Ia pun membagikan kebahagiaannya saat melakukan live Instagram dengan IDN Times.

“Saya termasuk yang beruntung karena sudah 99 persen recover karena banyak orang lain yang saya tanya itu parah. Dalam arti tetap sesak napas dan lemas selama beberapa bulan kemudian. Tetapi saya Alhamdulillah sudah 99 percent fine dan olahraga terus pelan-pelan. Sekarang sudah sehat,” kata Mantan Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) tersebut, Kamis (21/1/2021).

Dino mengatakan masyarakat Indonesia yang belum terinfeksi harus terus menjaga diri. Apalagi untuk mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang lemah dan telah memiliki penyakit bawaan lainnya. Bahkan ia menyarankan orang-orang untuk takut pada COVID-19 seperti takut pada pembunuh berantai (serial killer).

“Tapi nasihat saya kepada yang lain, benar-benar you have to pretend that there is a serial killer out there that is trying to attach you every day. Karena begitu kita kena, sekarang itu rumah sakit sudah penuh dan orang yang kena itu akan bingung, terutama yang punya kondisi karena dia cari rumah sakit susah. Kalaupun dapat kamar, cari dokter juga susah karena dokternya pasti sibuk sekali menangani ratusan orang,” ujarnya. 

1. Positif COVID-19

Sembuh dari COVID-19, Dino Patti Djalal: Pura-Pura Ada Serial Killer(Eks Wakil Menlu Dino Patti Djalal dan Presiden ke-6 SBY) Biro Pers Istana/Abror Rizki

Dino dikonfirmasi terinfeksi virus asal Wuhan, Tiongkok, itu pada September 2020. Saat itu ia dilarikan ke ruang ICU Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto.

“Kami dari keluarga besar FPCI menyampaikan kabar bahwa Chairman kami, Dr. Dino Patti Djalal positif COVID-19, di mana dalam enam hari terakhir beliau mengalami gangguan sistem pernapasan,” ujar Sekretaris Eksekutif Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) Mohamad Irfan dalam keterangan yang diterima IDN Times pada Rabu (16/9/2020).

2. Bukan satu-satunya pejabat yang sembuh dari COVID-19

Sembuh dari COVID-19, Dino Patti Djalal: Pura-Pura Ada Serial KillerIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dino bukan satu-satunya pejabat negara yang terinfeksi dan telah dinyatakan sembuh dari COVID-19. Sejumlah nama termasuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto juga pernah dinyatakan positif dan kini telah sembuh.

Airlangga bahkan telah mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 lainnya.

“Sebagai bentuk rasa syukur karena sudah diberikan berkah kesehatan, sembuh dari COVID-19, maka Beliau mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu percepatan tingkat kesembuhan pasien COVID-19 lain. Selain itu, Beliau juga berharap semakin banyak penyintas corona yang mendonorkan plasma di masa yang akan datang,” kata Juru Bicara Kemenko Perekonomian Alia Karenina kepada IDN Times, Selasa (19/1/2021).

3. COVID-19 di Indonesia

Sembuh dari COVID-19, Dino Patti Djalal: Pura-Pura Ada Serial KillerIlustrasi (Dok. Humas DKI Jakarta)

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah kasus COVID-19 yang tinggi. Menurut data Worldometers, indonesia per hari ini berada di posisi ke-19 negara dengan kasus corona terbanyak, yaitu 951.651 kasus dengan 27.203 kematian dan 772.790 sembuh.

Sementara secara global, virus ini telah menginfeksi 97.473.871 orang. Sebanyak 2.087.018 orang di antaranya meninggal dunia dan 70.026.435 sembuh.

Baca Juga: Airlangga Ngeles Saat Disinggung Pernah Positif COVID-19

Topic:

  • Rehia Sebayang
  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya