Comscore Tracker

Bocoran PeduliLindungi Versi Terbaru Usai Pengembangan, Sekeren Apa?

Bakal memuat banyak sekali informasi individu

Jakarta, IDN Times - Aplikasi PeduliLindungi direncanakan bakal terus dilakukan pengembangan. Tak hanya sebagai aplikasi untuk Covid-19, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memproyeksikan jika aplikasi ini bakal dijadikan aplikasi kesehatan individu masyarakat yang bisa memuat banyak sekali informasi.

"PeduliLindungi nanti akan jadi aplikasi kesehatan individu. Bahasa asingnya citizen health app," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin seperti disitat di acara YouTube Health Jakarta, Rabu (10/8/2022).

1. Apa saja informasi yang ada di aplikasi PeduliLindungi ke depan

Bocoran PeduliLindungi Versi Terbaru Usai Pengembangan, Sekeren Apa?Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Menurut Budi, sedianya aplikasi PeduliLindungi bakal memuat lebih banyak informasi. Bukan cuma hasil test PCR dan status vaksinasi Covid-19 saja, namun juga bisa memuat hasil cek darah sampai USG.

"Sekarang kan yang ada di PeduliLindungi baru hasil tes PCR dan vaksinasi Covid-19. Nah, yang akan masuk nanti adalah vaksin di luar Covid-19. Jadi setiap anak yang divaksin sampai hasil cek darah dan USG bagi orang dewasa catatannya akan masuk ke aplikasi ini," katanya.

Baca Juga: Beli Migor Pakai PeduliLindungi, Nambah Kerjaan Saja

2. Menkes optimistis pengembangan aplikasi bakal berbuah positif

Bocoran PeduliLindungi Versi Terbaru Usai Pengembangan, Sekeren Apa?Cara Pakai Aplikasi PeduliLindungi Untuk Cegah Penyebaran COVID-19 (IDN Times/Dokumen)

Dalam kesempatan itu, Menkes Budi Gunadi Sadikin mengaku optimistis jika pengembangan aplikasi ini bakal berdampak baik pada masyarakat dan juga dokter.

Apalagi dipastikan pengembangan aplikasi PeduliLindungi bakal memudahkan dokter untuk melihat rekam media pasien. Dia juga berharap bisa menghubungkan aplikasi PeduliLindungi dengan perangkat wearable seperti Apple atau Samsung Watch.

"Pertama, kalau dia ke dokter, dokternya bisa lihat, oh, rekam medisnya dia seperti apa dan kalau dia dirujuk dari rumah sakit ke rumah sakit lain, rumah sakit penerima sudah langsung tahu. Kita maunya nanti alat-alat seperti Apple Watch, Samsung Watch itu semua bisa nge-link," kata dia.

Baca Juga: Hasil PCR Tak Masuk PeduliLindungi, Menkes Ancam Cabut Izin Lab

3. Kapan PeduliLindungi mulai bertransformasi

Bocoran PeduliLindungi Versi Terbaru Usai Pengembangan, Sekeren Apa?aplikasi PeduliLindungi (youtube.com/ PeduliLindungi)

Saat ditanya kapan aplikasi PeduliLindungi bakal mulai bertransformasi, Budi mengatakan saat ini aplikasi tersebut sudah secara bertahap dikembangkan, khususnya untuk keperluan vaksinasi selain Covid-19.

Walau begitu, Menkes memastikan pihaknya tidak akan mengganti nama aplikasi yang saat ini sudah akrab dengan kehidupan sehari-hari masyarakat. "Namanya kayaknya sudah bagus PeduliLindungi. Ini sudah populer sekali," katanya.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya