Comscore Tracker

Firasat! Ini Permintaan Fahmi Idris ke Kedua Anak Sebelum Wafat

Fahmi Idris meminta kedua anaknya makan siang bersama

Jakarta, IDN Times - Eks menteri perindustrian dan menteri tenaga kerja Fahmi Idris meninggal dunia, pada Minggu (22/5/2022). Fahmi Idris meninggal di ruang ICU RS Medistra Jakarta, sekira pukul 10.00 pagi tadi.

Sang anak yang juga anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Fahira Idris kemudian menyinggung firasat kuat pada sepekan terakhir sebelum ayahnya meninggal dunia. Seperti apa firasat tersebut.

1. Undangan makan siang terakhir di restoran favorit

Firasat! Ini Permintaan Fahmi Idris ke Kedua Anak Sebelum WafatMantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris (ANTARA/Rosa Panggabean)

Menurut Fahira, ayahnya Fahmi Idris sebelum meninggal sempat mengajak kedua anaknya makan siang bersama di restoran favoritnya. Kini dia seolah baru sadar, bahwa itu merupakan firasat kuat dan momen yang sangat berharga bagi dirinya dan sang adik.

Adapun, kata dia, makang siang di restoran favorit itu adalah undangan sang ayah. Kedua anaknya lantas tak kuasa menolak dan langsung mengamini permintaan itu.

"Foto ini diambil tepat tujuh hari lalu, saat ayah mengundang saya dan adik saya makan siang bersama di salah satu restoran favorit beliau," kata Fahira seperti disitat Antara.

Dalam unggahan foto tersebut, nampak Fahira Idris berdiri bersama sang ayah yang ketika itu menggunakan kemeja berwarna dongker dan celana panjang warna krem.

Baca Juga: Sosok Fahmi Idris dalam Kenangan, Aktivis 66 yang Jadi Menteri 3 Kali

2. Disemayamkan di rumah duka di Mampang Prapatan

Firasat! Ini Permintaan Fahmi Idris ke Kedua Anak Sebelum WafatMantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris (kanan). ( ANTARA/Prasetyo Utomo)

Kini, sang ayah telah tiada. Fahira pun meminta agar publik memaafkan segala kesalahan sang ayah semasa hidup.

"Mohon dimaafkan ayah Fahmi Idris jika selama hidup memiliki salah dan khilaf. (Beliau) Akan dikuburkan di Tanah Kusir, pukul 13.00 WIB," kata dia.

Menurut Fahira, Fahmi Idris sedianya akan disemayamkan dahulu di rumah duka, di Mampang Prapatan IV Nomor 20, Jakarta Selatan. Fahmi Idris tercatat meninggal dalam usia 79 tahun.

Baca Juga: Mengenang Fahmi Idris, Aktivis 66 yang Waktu Kecil Dikenal Suka Ribut

3. Pernah jabat menteri 3 kali

Firasat! Ini Permintaan Fahmi Idris ke Kedua Anak Sebelum WafatInstagram.com/@fahiraidris

Fahmi Idris lahir pada 20 September 1943. Dia merupakan pengusaha dan politikus ulung asal Indonesia. Semasa hidup, dia pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dalam Kabinet Reformasi Pembangunan, serta Menteri Perindustrian dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kabinet Indonesia Bersatu.

Fahmi juga pernah terpilih jadi anggota DPR-GR mewakili kalangan mahasiswa, serta ketua Fraksi Golkar di MPR-RI. Mulai Februari 2017 Fahmi Idris menjadi Dewan Penasehat Ormas dan LBH Bang Japar (Kebangkitan Jawara dan Pengacara), di mana yang menjadi Ketua Umumnya adalah Fahira Fahmi Idris.

Fahmi memulai kariernya sebagai pengusaha pada tahun 1967. Dua tahun kemudian bersama para eksponen 1966, ia mendirikan PT Kwarta Daya Pratama. Pada tahun 1979, ia duduk sebagai direktur utama Kongsi Delapan (Kodel Group), sebuah perusahaan konglemerasi yang didirikannya bersama Aburizal Bakrie, Soegeng Sarjadi, Abdul Latief dan Pontjo Sutowo.

Pada era 1980-an, perusahaan tersebut merupakan konglomerasi yang cukup besar. Kodel mengelola usaha agrobisnis, perdagangan, perbankan, perminyakan, hingga hotel. Pada tahun 1988, Kodel membangun Hotel The Regent (kini Four Seasons Jakarta) di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Bisnis propertinya tidak hanya di Jakarta, namun juga merambah Beverly Hills, California. Di sana Fahmi membangun sebuah hotel, Regent Beverly Whilshire.

Untuk urusan politik, Fahmi dikenal merupakan politisi senior Partai Golkar. Dia bergabung dengan partai itu pada tahun 1984.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya