Gantikan Anies, Heru Budi Janji Akan Blusukan Tiap Hari Usai Dilantik

Jokowi titipkan tiga hal pada Heru Budi

Jakarta, IDN Times - Heru Budi Hartono menyatakan janjinya bakal blusukan setiap hari setelah dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta.

Hal ini, kata dia, lantaran banyak program yang harus dilaksanakan. "Ya saya lihat banyak program, setiap hari kita harus keliling melihat. Ya harus setiap hari," kata Heru, di lingkungan Istana Kepresidenan Jakarta, disitat Antara, Rabu (12/10/2022).

Menurut Heru, setidaknya ada tiga isu prioritas yang dititipkan Presiden Jokowi kepadanya. Yakni, terkait banjir, macet, dan persoalan tata ruang kota.

1. Titik krusial banjir akan dikunjungi Heru Budi Hartono

Gantikan Anies, Heru Budi Janji Akan Blusukan Tiap Hari Usai DilantikKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono. (dok. YouTube Sekretariat Presiden)

Terkait penanganan banjir, Heru bilang bakal melakukan blusukan ke sejumlah titik krusial, seperti Waduk Pluit, Manggarai, Kali Krukut, dan Banjir Kanal Barat.

"Di sana (Banjir Kanal Barat) ada Kali Angke, yang tahun 2011, dua kali itu Kali Angke kita normalisasi di dua tahap, pada 2008, dan 2010. Itu kan sudah lebar, tinggal kita maintenance dengan pengerukan," katanya.

2. Relokasi rumah jadi perhatiannya

Gantikan Anies, Heru Budi Janji Akan Blusukan Tiap Hari Usai DilantikKepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Heru juga bilang bakal berkoordinasi dengan Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim soal rencana relokasi warga di sepanjang Jalan RE Martadinata, terutama di sekitar Taman BMW yang kini jadi lokasi Jakarta International Stadium (JIS).

"Saya mungkin tanya ke Pak Wali Kota, apakah itu sudah terdata oleh PT KAI, bahwa itu memang masyarakat kita yang ada di sana. Kita cari kalau ada rumah susun kosong kita tempatkan," katanya.

Adapun salah satu opsi tujuan relokasi adalah Rumah Susun Pasar Rumput. Walau demikian, dia mengaku akan mengecek terlebih dahulu ketersediaan unit di rusun tersebut.

Baca Juga: Jokowi Titip Heru Budi Atasi Banjir dan Macet Jakarta

3. Gantikan Anies Baswedan jadi PJ Gubernur DKI

Gantikan Anies, Heru Budi Janji Akan Blusukan Tiap Hari Usai DilantikKasetpres, Heru Budi Hartono dalam Konferensi Pers Terkait Peringatan HUT ke-75 RI, Kantor Presiden, Kamis (6/8/2020) (Youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebelumnya Heru ditunjuk oleh Presiden RI Joko Widodo sebagai Pj Gubernur DKI untuk meneruskan Anies Baswedan.

Penunjukan Heru dilakukan lewat sidang Tim Penilai Akhir (TPA) pada Jumat (7/10) pekan lalu, menyisihkan dua kandidat lain, yakni Sekda Marullah Marali dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar Baharuddin.

Baca Juga: Heru Budi Berencana Normalisasi Kali Ciliwung seperti Cara Jokowi 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya