Jalan Warung Buncit Diganti Jadi Tuty Alawiyah, Ini Jasa Besarnya 

Kiprahnya banyak sekali semasa hidup

Jakarta, IDN Times - Nama Tuty Alawiyah menjadi salah satu nama yang didaulat menjadi nama jalan baru di DKI Jakarta. Pengusungan nama jalan Tuty Alawiyah sendiri merupakan inisiasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang ingin memberi nama sejumlah ruas jalan dengan nama tokoh-tokoh Betawi.

Salah satunya, Jalan Tutty Alawiyah yang kini menjadi nama jalan di Jakarta Selatan menggantikan nama jalan sebelumnya Jalan Warung Buncit Raya.

1. Siapa sebenarnya Tuty Alawiyah

Jalan Warung Buncit Diganti Jadi Tuty Alawiyah, Ini Jasa Besarnya Hj Tuty Alawiyah. Foto: Capture Youtube.

Hj Tuty Alawiyah lahir di Jakarta, 30 Maret 1942. Kiprah Tuty Alawiyah sangatlah luar biasa terutama di bidang pendidikan, dakwah hingga sosial.

Dalam bidang dakwah, Tutty Alawiyah mendirikan salah satu organisasi muslimah terbesar di tanah air yaitu, BKMT, dan beliau pernah menjadi Presiden International Muslim Women Union (IMWU) suatu organisasi muslimah dunia yang beranggotakan 88 negara yang bermarkas di Khourtim, Sudan.

Semasa hidup, dia juga pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan pada tahun 1998 hingga 1999 pada kabinet Pembangunan VII dan Kabinet Reformasi Pembangunan.

Baca Juga: 9 Momen Pemasangan Papan Nama Jalan Mpok Nori di Jakarta Timur

2. Dia adalah putri dari ulama besar Betawi

Jalan Warung Buncit Diganti Jadi Tuty Alawiyah, Ini Jasa Besarnya Foto hanya ilustrasi. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Seperti disitat Antara, Hj Tuty Alawiyah juga tercatat sebagai putri dari ulama besar Betawi, KH Abdullah Syafii. Tuty merupakan lulusan IAIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Tangerang Selatan.

Semasa hidup, dia juga pernah menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 1992 hingga 2004 dari Utusan Golongan.

Tuty Alawiyah meninggal pada Rabu 4 Mei 2016, sekira pukul 07.15 WIB usai beberapa hari menjalani perawatan di Rumah Sakit Metropolitan Medical Center, Kuningan, Jakarta.

Baca Juga: Bukan Cuma Mpok Nori, Anies Abadikan Nama Tokoh Betawi Sampai Habib

3. Keluarga mengapresiasi penamaan jalan Tuty Alawiyah di Jaksel

Jalan Warung Buncit Diganti Jadi Tuty Alawiyah, Ini Jasa Besarnya ilustrasi melanggar lalu lintas (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Penamaan jalan ini lantas sangat diapresiasi dan direspons positif keluarga. Hal itu disampaikan sang anak, yang kini menjabat Senator Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dailami Firdaus.

Menurut keluarga, penamaan Jalan Tutty Alawiyah menjadi sebuah kado besar bukan hanya bagi keluarga, namun juga bagi seluruh masyarakat Betawi.

"Penamaan jalan ini tentu juga disambut suka cita para murid serta anggota Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), tidak saja di Jakarta, tetapi juga di seluruh Indonesia," ujar senator yang akrab disapa Bang Dai ini, seperti dikutip situs resmi Pemprov DKI, Rabu (22/6/2022).

Bang Dai menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang telah meresmikan secara simbolis penamaan Jalan Tuty Alawiyah sebagaiman tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Nomor 565 Tahun 2022 tentang Penetapan Nama Jalan, Gedung dan Zona dengan Nama Tokoh Betawi dan Jakarta di Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jakarta Selatan, Senin (20/6) lalu.

"Syukur Alhamdulillah, saya Dailami Firdaus sebagai putra beliau sekaligus mewakili adik-adik saya, Nurfitria Farhana, Lilly Kamalia dan Syifa Fauzia beserta keluarga besar kakak kami Muhammad Reza Hafiz serta atas nama Keluarga Tutty Alawiyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Bapak Anies Rasyid Baswedan beserta seluruh jajarannya atas peresmian nama Ibunda kami sebagai nama jalan," ungkapnya.

4. Diharap akan dikenal banyak generasi muda

Jalan Warung Buncit Diganti Jadi Tuty Alawiyah, Ini Jasa Besarnya Ilustrasi lalu lintas. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Bang Dai berharap, melalui penamaan Jalan Tutty Alawiyah ini masyarakat akan lebih mengenal tokoh-tokoh Betawi dan bisa menjadikan teladan dalam memberikan kontribusi bagi masyarakat, bangsa dan negara.

"Semoga Ibunda kami semakin dikenal masyarakat dan bisa menjadi contoh, khususnya bagi generasi muda Betawi," tandasnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya